Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan - Jeruk merupakan jenis buah-buahan yang tidak asing lagi bagi kita. Berbentuk bulat, dengan warna kuning, dan ada juga yang berwarna hijau. Dengan rasa manis bercampur asam, buah jeruk menjanjikan rasa segar ketika menyantapnya. Tidak perlu bersusah-payah mencari jeruk, karena buah yang satu ini selalu ada sepanjang tahun.

Selain sebagai makanan pencuci mulut, jeruk memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Yang paling umum diketahui ialah kandungan vitamin C dengan manfaat mengatasi sariawan dan radang tenggorokan. Tetapi selain itu masih terdapat vitamin B1, niacin atau vitamin B3, vitamin B6 / Pyridoxine, karbohidrat, potasium, folat, kalsium,  fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin/ Vitamin B2, asam pantotenat / vitamin B5 yang tidak kalah bermanfaat dibanding vitamin C. Berbagai kandungan tersebut memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan kita:

1. Mengurangi Resiko Kanker 

Sebagai sumber vitamin C, jeruk sangat baik untuk menjaga system pertahanan tubuh. Vitamin C berfungsi memicu produksi Glutathione (antioksidan) di dalam tubuh sebagai penangkal dan pelindung dari efek radikal bebas penyebab terjadinya kanker. Antioksidan dalam buah jeruk juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan.

2. Menurunkan Berat Badan 

Mengkonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini sangat baik, terutama bagi anda yang tengah menjalani program diet. Senyawa yang terkandung dalam buah jeruk dapat membantu pembakaran lemak serta menjaga kestabilan gula darah dan tingkat insulin tubuh.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri penyebab penyakit, seperti flu atau infeksi. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan penyakit.

4. Mencegah Diabetes 

Jeruk memiliki kandungan gula buah alami, sehingga sangat baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu kandungan Vitamin B6 pada jeruk juga berperan mendukung produksi hemoglobin. Magnesium dalam jeruk pun dapat menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Karena itulah, mengkonsumsi buah jeruk sangat baik untuk penderita diabetes, sekaligus mencegah timbulnya penyakit diabetes.

5. Menjaga Kecantikan Kulit 

Selain kandungan antioksidan untuk mencegah penuaan dini pada buah jeruk, ternyata di lapisan luar (kulit) jeruk pun memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi kecantikan. Kulit jeruk memiliki daya serap yang tinggi terhadap minyak pada wajah dan juga mengangkat sel kulit mati, sehingga sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap berseri. Caranya ialah, jemur kulit jeruk, tumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan susu. Dan masker kulit jeruk pun siap untuk digunakan.

Selain manfaat buah jeruk untuk kesehatan, buah nanas juga banyak mengandung vitamin C yang memiliki fungsi utama sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah nanas ataupun jeruk sangat baik bagi anda untuk sekadar menjaga kesehatan ataupun dalam program diet.

Baca juga khasiat 'Buah Perkasa' yang satu ini

Sumber:
http://kopihijau.info
http://www.bolaria.net
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG