Buah Delima, Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

. .

Buah Delima, Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Buah delima, atau dalam bahasa ilmiahnya punica granatum merupakan sejenis tanaman buah, keluarga tanaman Punicacea, yang dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropics dataran rendah sampai di bawah 1000 mdpl.

Tanaman yang berasal dari daerah Timur Tengah ini memiliki batang dengan ketinggian mencapai 8 m, buah berbentuk bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman.
Secara umum terdapat tiga macam jenis delima yang kita kenal, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Biasanya, di Indonesia lebih dikenal delima merah, dimakan mentah dalam keadaan segar atau dijadikan jus.

Buah delima dijuluki sebagai buah perkasa, karena beragam manfaatnya terhadap kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa dalam buah delima terdapat zat antioksidan, bermanfaat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam buah delima juga terdapat kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg/gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. ini tentunya sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi zat anti body mencegah berbagaimacam jenis penyakit.

Berikut beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah kanker payudara

Buah delima memiliki kandungan flavonoid, sejenis antioksidan kuat yang berperan penting dalam mencegah perkembangan radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Anti oksidan tersebut juga mampu memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kanker prostat, kanker payudara, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

2. Mencegah penyakit jantung

Zat Antioksidan yang terdapat pada buah delima dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah,  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL). Bahkan kandungan antioksidan pada buah delima lebih banyak tiga kali lipat dibandingkan dengan teh hijau. Kondisi ini akan meningkatkan aliran darah menuju jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah delima sangat bermanfaat dalam membantu produksi kolagen sebagai nutrisi kulit. Selain itu, zat antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas sebagai penyebab kerusakan jaringan kulit karena paparan sinar matahari atau polusi. Dengan demikian, mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat menjaga kesehatan dan kecerahan kulit.

4. Mencegah penuaan dini

Karena sifatnya melawan radikal bebas, baik polusi atau terkena sinar matahari, zat antioksidan dalam buah delima sangat berperan membantu memperlambat kerusakan yang terjadi pada jaringan kulit. Kandungan minyak biji delima bermanfaat memperkuat lapisan epidermis kulit, sedangkan vitamin C membantu memperbaiki kerusakan pada kulit mati.

5. Mencegah osteoarthritis

Sebuah penelitian di Case Western Reserve University yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menjelaskan bahwa buah delima dapat mencegah kerusakan pada tulang rawan. Hal ini dikarenakan ekstrak dari buah delima dapat menurunkan tingkat bahan kimia dan enzim sehingga dapat mengikis tulang rawan dan inflamasi.

Itulah beberapa manfaat dari buah delima untuk kesehatan dan kecantikan. Masih banyak terdapat kandungan vitamin dan zat lainnya dalam buah delima, yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Namun secara umum, kandungan utama buah delima adalah sebagai buah dengan antioksidan terbanyak, selain manggis.

Sumber tulisan:
-    http://id.wikipedia.org/wiki/Delima
-    http://bit.ly/1lBkev5
sumber gambar:
-    http://bit.ly/1jjZGGD Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG