Breaking News
Loading...

Manfaat Olahraga

Makanan Sehat

Random Post

Recent Post

Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui
Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui - Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyangga tubuh bagian atas. Selain terdiri dari sekumpulan struktur tulang utama (tulang paha, tulang kering, tulang lutut, tulang betis, tulang pangkal kaki, tulang telapak kaki), atau biasa disebut dengan tungkai, bagian kaki juga terdiri dari sejumlah jaringan otot, mulai dari jaringan otot paha, otot betis, dan otot telapak kaki. Dua komponen utama penyusun kaki ini masing-masing memiliki peran tersendiri. Tulang sebagai penyangga utama, dan otot sebagai pembentuk dan sekaligus pengikat tulang. Karena itulah, latihan beban diperlukan, selain sebagai usaha untuk membentuk otot kaki yang kekar, juga sebagai latihan untuk menjaga kekuatan tulang.

Berikut adalah Empat bentuk latihan otot kaki yang biasa dilakukan, terutama di kalangan fitnes mania untuk menjaga dan melatih kekuatan otot kaki:


1. Latihan Otot Paha menggunakan alat Leg Press Machine


Leg press machine merupakan alat fitnes profesional dengan memanfaatkan beban (plate besi) sebagai sarana untuk menghasilkan daya kontraksi pada otot kaki. Dengan posisi latihan dilakukan dengan cara duduk pada bangku, lalu kemudian mengangkat beban ke atas menggunakan kaki. Beratnya beban dapat diatur sesuai dengan kemampuan. Berbagai variasi dapat di lakukan dalam latihan ini untuk mendapatkan hasil optimal pada otot kaki yang lainnya. Alat ini bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otot, terutama otot bagian paha.

Lihat alat fitnes untuk latihan otot kaki, Home Gym Leg Press F 3800 di Jakarta

2. Latihan Otot Betis dengan teknik Squad


Squad adalah posisi berjingkrat setengah jongkok, dan terkadang sambil melompat. Dalam dunia fitnes, latihan squad biasa dilakukan untuk melatih otot-otot kaki, terutama disekitar area paha, pinggul dan pantat, serta memperkuat tulang, ligamen dan penyisipan dari tendon di seluruh tubuh bagian bawah. Latihan squad mengandalkan berat tubuh sendiri sebagai beban latihan, dan tidak jarang pula dengan menggunakan beban tambahan, atau alat fitnes berupa squad rack, atau smith machine.

3. Latihan Pergelangan dan Telapak Kaki dengan teknik Skipping


Lompat tali, atau Skipping merupakan salah satu bentuk olahraga sederhana yang banyak dikenal orang pada umumnya. Latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya membutuhkan sebuah tali skipping dan area yang tidak terlalu luas (bisa dilakukan di teras rumah).

Latihan skipping bermanfaat untuk melatih otot-otot kaki, terutama bagian pergelangan kaki dan telapak kaki. Selain itu, dengan teknik latihan yang benar, dengan hanya mengandalkan bagian pergelangan kaki saja, dan dilakukan dengan kombinasi olahraga lainnya, seperti cardio treadmill atau sepeda, itu akan membantu menurunkan berat badan anda lebih cepat.

4. Latihan Cardio Training


Selain latihan-latihan utama di atas yang menggunakan beban, baik beban tambahan ataupun beban berat tubuh sendiri, latihan cardio training juga bisa anda lakukan untuk melatih otot kaki secara menyeluruh. Latihan cardio seperti treadmill dan sepeda statis tidak saja untuk melatih otot jantung, tetapi juga otot kaki sebagai tumpuan utamanya. Jalan santai, jogging, ataupun sprint bisa anda lakukan menggunakan treadmill, atau latihan menggunakan sepeda statis dengan tambahan settingan beban.

Selain untuk memperkuat struktur otot kaki, latihan treadmill juga bisa menurunkan berat badan dengan latihan yang teratur dan pola makan sehat. Turunkan berat badan dengan treadmill bisa dilakukan dengan settingan incline maksimal. Belanja
Anda Mau Cepat Kurus ? Lakukan Delapan Latihan ini !

Anda Mau Cepat Kurus ? Lakukan Delapan Latihan ini !

Lakukan Delapan Latihan ini untuk Membakar Lebih Banyak Kalori

Lakukan Delapan Latihan ini untuk Membakar Lebih Banyak Kalori - Mungkin tidak seperti yang sering anda dengar selama ini, bahwa latihan dengan keras dalam waktu yang lama menggunakan alat-alat fitnes untuk membakar lemak, dapat menurunkan berat badan. Itu ada benanrnya, jika anda sanggup melakukannya. Lalu bagaimana jika anda tidak sanggup, atau waktu yang anda miliki tidak cukup untuk dapat melakukannya. Inilah jawabannya.
Bersumber dari workoutbox.net, yang diterjemahkan ke bahasa indonesia. Di situ dijelaskan bahwa, anda tidak harus dan tidak perlu melakukan olahraga seexstrem seperti di atas hanya untuk menurunkan berat badan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk menurunkan berat badan anda. Jika Anda ingin melihat perubahan yang signifikan pada tubuh Anda, maka anda hanya perlu fokus pada memaksimalkan waktu yang Anda habiskan di gym dengan melakukan latihan yang efisien. Berikut adalah 8 cara agar Anda dapat membakar kalori lebih banyak dalam jumlah waktu yang lebih sedikit.

Jadi, Jika Anda mau cepat kurus, lakukan delapan latihan ini Untuk Membakar Lebih Banyak Kalori:


1. Fokus pada Latihan Compound

Untuk membangun dan membuat tubuh anda kencang dan ramping, Anda perlu merangsang pertumbuhan hormon Anda. Compound bergerak merangsang pertumbuhan otot Anda. Merangsang pertumbuhan hormon ini bisa dilakukan melalui beberapa latihan, dan akan memberikan dorongan pada sistem metabolisme tubuh anda! Semakin banyak otot Anda yang terpakai selama latihan, maka akan semakin banyak pula kalori yang Anda bakar.

2. Tambahkan Variasi berbeda pada sesi latihan cardio anda

Lakukan perubahan pada cara latihan treadmill anda, mulai dari berjalan santai, jogging dan berlari kencang dengan menambahkan variasi terhadap latihan tersebut. Misalnya dengan meningkatkan incline atau tingkat kemiringan pada treadmill, atau menambahkan beban pemberat pada latihan sepeda statis. Hal ini akan membuat otot anda terutama kaki akan bekerja lebih keras lagi dan akan meningkatkan kinerja jantung anda, sehingga akan memaksa tubuh anda membakar lebih banyak kalori setiap kali latihan.

Lihat toko online : Etalase Fitnes | Tempat belanja alat fitnes indonesia


3. Lakukan Tabata Training

Tabata Training merupakan suatu latihan super cepat yang mampu meningkatkan sistem kerja metabolisme tubuh dan menghancurkan lebih banyak lemak secara signifikan. Tabata training ini dikembangkan oleh Dr Izumi Tabata pada tahun 1996. Dia melakukan tes pada dua kelompok atlet, membandingkan pelatihan intensitas sedang tinggi dengan pelatihan interval intensitas tinggi. Hasilnya adalah bahwa atlet yang dalam pelatihan interval intensitas tinggi dapat meningkatkan sistem aerobik mereka serta sistem anaerobik mereka. Para atlet yang melakukan latihan intensitas sedang tinggi hanya meningkatkan sistem aerobik dan memiliki sedikit atau tidak ada peningkatan dalam sistem anaerobik mereka.

4. Lakukan Lompat tali diantara set latihan anda

Lompat tali atau Jump Rope atau dikenal dengan skipping adalah salah satu latihan terbaik untuk kardiovaskular anda. Latihan ini akan membuat detak jantung Anda meningkat saat seluruh tubuh bekerja. Alih-alih duduk-duduk di antara set latihan, sebaiknya anda tidak melewatan lompat tali selama 60 detik. Hal ini disebut "pemulihan aktif" dan dapat meningkatkan pengeluaran kalori sementara mencegah kerusakan otot.

5. Lakukan Latihan Circuit Training

Circuit Training merupakan suatu bentuk latihan cardio-resistance, yang bisa bermanfaat sebagai pengganti latihan cardio, namun tetap memiliki efek terhadap otot tubuh karena sekaligus melatih otot. Ada banyak sekali bentuk serta variasi gerakan dari latihan circuit training, seperti push up, squad, plank, deadlift, Single Leg Glute Bridge, plank with twist, dll. Melakukan satu latihan demi satu latihan dengan sedikit atau tanpa istirahat akan meningkatkan denyut jantung Anda pada tingkat pembakaran lemak yang efisien. Kuncinya adalah tidak dengan kecepatan tinggi, tetapi terus menerus. Karena tidak ada istirahat di antara set latihan anda, sedangkan beberapa kelompok otot terus bekerja, maka ini akan dapat meningkatkan pembakaran kalori secara signifikan.

6. Tambahkan Latihan Sprint

Berlari adalah cara terbaik untuk pembakaran kalori! Berlari menyebabkan pengeluaran kalori yang signifikan dan sangat bagus untuk latihan metabolisme dan penggantian oksigen dalam tubuh. Pada dasarnya menambahkan sprint untuk sesi kardio Anda akan membakar satu ton kalori dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Lakukan latihan sprint pada kecepatan maksimal yang mampu anda lakukan. Jika anda menggunakan treadmill elektrik, maka setting kecepatan maksimum bisa anda coba. Selain itu, pilihan program auto juga sangat efektif.

7. Gunakan Latihan Supersets

Supersets dapat dikatakan sebagai sebuah teknik excercise yang melakukan dua gerakan berurutan tanpa jeda istirahat setelah gerakan pertama. Artinya adalah, ketika anda selesai melakukan latihan bench press, maka anda akan langsung melakukan latihan berikutnya, seperti chess fly. Ini lebih baik dibandingkan dengan jeda istirahat beberapa menit. Superset tidak hanya dapat menghemat waktu, tetapi juga membantu membentuk otot dan membakar lemak lebih banyak. Tambahkan intensitas latihan Giant Set anda untuk meningkatkan lebih banyak serat otot yang bekerja,  karena overload seperti ini akan membakar lebih banyak kalori dan membangun semua kekuatan lebih cepat dari angkat besi tradisional.

8. Tambahkan HIIT Workouts

Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) menyebabkan adaptasi metabolik yang memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar. HIIT dapat meningkatkan jeda waktuyang lama yang dibutuhkan tubuh Anda untuk pulih dari setiap kali sesi latihan, dan ini tentunya akan dapat meningkatkan potensi pembakaran lemak Anda. Manfaat lain dari pelatihan interval adalah bahwa mereka meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar tidak hanya selama sesi latihan Anda lakukan, tetapi lebih lama lagi hingga setelah latihan Anda selesai. Dengan HIIT, Anda dapat membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat.


Sumber tulisan :
- http://www.workoutbox.net/?p=670
- http://www.duniafitnes.com
- http://www.l-men.com
Sumber gambar : http://whatisbesttreadmill.com/threadmill/treadmill-workout-to-burn-500-calories/ Belanja
Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga Fitnes

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga Fitnes

mengenal-treadmill-dan-jenisnya-dalam-olahraga-fitnes.html

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga

Salah satu jenis alat olahraga excercise home use yang paling populer dan banyak diminati adalah treadmill, yang menyediakan area latihan aerobik secara efisien. Bagi banyak orang, treadmill adalah pilihan yang baik untuk memulai latihan rutin setiap hari karena olahraga berjalan, ataupun jogging dapat dilakukan dengan baik oleh sebagian besar orang, terlepas dari tingkat kebugaran orang tersebut sedang menurun.

Sebuah treadmill adalah satu perangkat alat olahraga untuk berjalan atau berlari di tempat. Treadmill merupakan sebuah  mesin yang memiliki platform bergerak dengan conveyor belt lebar, dan digerakkan oleh motor listrik. Belt atau sabuk bergerak ke belakang, sedangkan pengguna bergerak mengikuti belt berjalan atau berlari pada kecepatan tertentu. Kecepatan belt bergerak disebut dengan speed. Dengan demikian, kecepatan berjalan atau berlari dapat dikendalikan dan diukur sesuai dengan kebutuhan latihan.

Treadmill secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu jenis treadmill manual dan treadmill elektrik. Treadmill dengan jenis manual sepenuhnya dikendalikan oleh kekuatan otot kaki dalam menggerakkan belt treadmill. Semakin kuat kekuatan kaki melangkah, maka kecepatan putaran belt treadmill akan semakin kencang. Sedangkan treadmill jenis elektrik membutuhkan daya listrik untuk menggerakkan belt atau memutar motor dinamo. Pada treadmill jenis elektrik, kecepatan putaran belt bisa diatur seperlunya atau sesuai dengan kebutuhan latihan. Treadmill jenis ini disebut juga dengan treadmill machine, atau machine treadmill.

Pada jenis treadmill elektrik, yang menjadi perhatian utama adalah dinamo motor yang digunakan. Mesin dinamo ini berfungsi sebagai penggerak belt treadmil agar bisa berputar dan dapat digunakn untuk berlatih. Besaran motor dinamo berbeda pada masing-masing treadmill elektrik. Perbedaan tersebut terletak pada power atau kekuatan dinamo dalam menggerakkan belt pada beban maksimal pengguna. Power dinamo diukur dalam satuan HP (horse power). Semakin besar nilai horse power, maka akan semakin besar pula kekuatan treadmill, dan semakin cepat putaran roda.

Pada umumnya treadmill jenis elektrik berharga lebih mahal daripada treadmill manual, hal ini dikarenakan alat ini memiliki komponen listrik dan dinamo motor yang terdapat di dalamnya. Semakin besar motor yang digunakan, semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan, dan semakin mahal harga yang harus dibayar. Namun semua itu akan sebanding dengan apa yang diperoleh ketika berlatih menggunakan treadmill elektrik dengan kualitas bagus.

Sementara treadmill jenis manual berharga relatif lebih murah, karena tidak adanya komponen elektrik dan machine seperti pada treadmill elektrik. Pada treadmill manual, gerakan belt mengikuti putaran roda menggunakan daya otot kaki untuk mendorong belt bergerak ke belakang. Semakin kuat otot kaki, semakin cepat putaran roda, begitupun sebaliknya. Kecepatan gerakan ditentukan oleh pengguna sendiri.
Jadi, treadmill jenis manakah yang akan anda pilih untuk aktifitas olahraga di rumah sendiri ? Belanja
Back To Top