Breaking News
Loading...

Manfaat Olahraga

Makanan Sehat

Random Post

Recent Post

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga Fitnes

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga Fitnes

mengenal-treadmill-dan-jenisnya-dalam-olahraga-fitnes.html

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga

Salah satu jenis alat olahraga excercise home use yang paling populer dan banyak diminati adalah treadmill, yang menyediakan area latihan aerobik secara efisien. Bagi banyak orang, treadmill adalah pilihan yang baik untuk memulai latihan rutin setiap hari karena olahraga berjalan, ataupun jogging dapat dilakukan dengan baik oleh sebagian besar orang, terlepas dari tingkat kebugaran orang tersebut sedang menurun.

Sebuah treadmill adalah satu perangkat alat olahraga untuk berjalan atau berlari di tempat. Treadmill merupakan sebuah  mesin yang memiliki platform bergerak dengan conveyor belt lebar, dan digerakkan oleh motor listrik. Belt atau sabuk bergerak ke belakang, sedangkan pengguna bergerak mengikuti belt berjalan atau berlari pada kecepatan tertentu. Kecepatan belt bergerak disebut dengan speed. Dengan demikian, kecepatan berjalan atau berlari dapat dikendalikan dan diukur sesuai dengan kebutuhan latihan.

Treadmill secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu jenis treadmill manual dan treadmill elektrik. Treadmill dengan jenis manual sepenuhnya dikendalikan oleh kekuatan otot kaki dalam menggerakkan belt treadmill. Semakin kuat kekuatan kaki melangkah, maka kecepatan putaran belt treadmill akan semakin kencang. Sedangkan treadmill jenis elektrik membutuhkan daya listrik untuk menggerakkan belt atau memutar motor dinamo. Pada treadmill jenis elektrik, kecepatan putaran belt bisa diatur seperlunya atau sesuai dengan kebutuhan latihan. Treadmill jenis ini disebut juga dengan treadmill machine, atau machine treadmill.

Pada jenis treadmill elektrik, yang menjadi perhatian utama adalah dinamo motor yang digunakan. Mesin dinamo ini berfungsi sebagai penggerak belt treadmil agar bisa berputar dan dapat digunakn untuk berlatih. Besaran motor dinamo berbeda pada masing-masing treadmill elektrik. Perbedaan tersebut terletak pada power atau kekuatan dinamo dalam menggerakkan belt pada beban maksimal pengguna. Power dinamo diukur dalam satuan HP (horse power). Semakin besar nilai horse power, maka akan semakin besar pula kekuatan treadmill, dan semakin cepat putaran roda.

Pada umumnya treadmill jenis elektrik berharga lebih mahal daripada treadmill manual, hal ini dikarenakan alat ini memiliki komponen listrik dan dinamo motor yang terdapat di dalamnya. Semakin besar motor yang digunakan, semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan, dan semakin mahal harga yang harus dibayar. Namun semua itu akan sebanding dengan apa yang diperoleh ketika berlatih menggunakan treadmill elektrik dengan kualitas bagus.

Sementara treadmill jenis manual berharga relatif lebih murah, karena tidak adanya komponen elektrik dan machine seperti pada treadmill elektrik. Pada treadmill manual, gerakan belt mengikuti putaran roda menggunakan daya otot kaki untuk mendorong belt bergerak ke belakang. Semakin kuat otot kaki, semakin cepat putaran roda, begitupun sebaliknya. Kecepatan gerakan ditentukan oleh pengguna sendiri.
Jadi, treadmill jenis manakah yang akan anda pilih untuk aktifitas olahraga di rumah sendiri ? Belanja
Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kentang atau dalam bahasa ilmiahnya dinamakan solanum tuberosum merupakan sejenis tanaman dengan umbi batang yang dapat dimakan. Kentang pada awalnya berasal dari Amerika Selatan, yang dibawa pertama kali oleh penjelajah Spanyol dan Portugis untuk dikembangbiakkan di Eropa sekitar tahun 1565. Sejak itulah, kentang mulai menyebar ke Negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, kentang sudah sangat popular sebagai makanan pokok ke dua setelah nasi. Kentang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1794. Penyebarannya meliputi jawa, sumatera yang memiliki kontur tanah humus dan bekas letusan gunung dengan ketinggian 1000 mdpl.

Sebagai makanan pokok pengganti nasi, kentang memiliki kandungan gizi tinggi untuk membantu tubuh menghindari banyaknya masalah kesehatan. Sebut saja misalnya vitamin A, B, C, dan E sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan organ luar, sekaligus menjadi benteng utama dalam interaksinya dengan dunia luar, terutama sinar matahari dan polusi.
Salah satu kandungan gizi penting pada kentang adalah asam amino, yaitu asam karboksilat yang memiliki gugus amino. Sebagai fungsi biologis dalam tubuh, asam amino berfungsi sebagai komponen penyusun protein, termasuk enzim. Asam amino berfungsi juga menyusun kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam proses metabolisme (terutama vitamin, hormon, dan asam nukleat).

Berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan:


1. Mencerahkan kulit dan menyuburkan rambut

Kentang sebagai sumber betakaroten atau vitamin A berfungsi sebagai antioksidan alami dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kombinasi antiokasidan dan vitamin A tersebut juga bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kulit. Dengan asupan vitamin A yang cukup dari kentang akan dapat meningkatkan kecerahan kulit serta menyuburkan tumbuhnya rambut.

2. Menjaga kadar gula darah

Kandungan mangan sebagai bagian dari mineral merupakan komponen penting dalam metabolism karbohidrat dalam membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Selain kandungan mangan dan kalium, pada kentang juga terdapat karotenoid yang juga berfungsi membantu menjaga kestabilan gula darah dan resistensi insulin.

3. Menurunkan berat badan

Kentang merupakan jenis makanan dengan kandungan serat tinggi, dampaknya adalah memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga kita tidak akan cepat merasa lapar. Hal ini tentunya sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tidak naik.

4. Menjaga tekanan darah dan kesehatan hati

Kandungan vitamin B6 pada kentang berfungsi untuk membantu memecahkan homosistein, yang berkontribusi dalam pengerasan arteri dan pembuluh darah. Dengan demikian, kentang bermanfaat dalam menjaga dinding darah agar tetap fleksibel, tekanan darah tetap lancar, dan menjaga kesehatan hati secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada kentang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya ialah dengan menurunkan kelebihan natrium dan mengatur keseimbangan cairan

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu komponen penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin D yang terdapat dalam kentang. Vitamin D berperan untuk meningkatkan system imun dalam tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan. Selain sebagai makanan pokok, kentang juga biasa dinikmati sebagai camilan ringan sambil minum teh.

sumber tulisan :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Kentang
-http://bit.ly/1hczIAD
sumber gambar:
- http://bit.ly/1u2wQ2d Belanja
Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui
Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui - Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyangga tubuh bagian atas. Selain terdiri dari sekumpulan struktur tulang utama (tulang paha, tulang kering, tulang lutut, tulang betis, tulang pangkal kaki, tulang telapak kaki), atau biasa disebut dengan tungkai, bagian kaki juga terdiri dari sejumlah jaringan otot, mulai dari jaringan otot paha, otot betis, dan otot telapak kaki. Dua komponen utama penyusun kaki ini masing-masing memiliki peran tersendiri. Tulang sebagai penyangga utama, dan otot sebagai pembentuk dan sekaligus pengikat tulang. Karena itulah, latihan beban diperlukan, selain sebagai usaha untuk membentuk otot kaki yang kekar, juga sebagai latihan untuk menjaga kekuatan tulang.

Berikut adalah Empat bentuk latihan otot kaki yang biasa dilakukan, terutama di kalangan fitnes mania untuk menjaga dan melatih kekuatan otot kaki:


1. Latihan Otot Paha menggunakan alat Leg Press Machine


Leg press machine merupakan alat fitnes profesional dengan memanfaatkan beban (plate besi) sebagai sarana untuk menghasilkan daya kontraksi pada otot kaki. Dengan posisi latihan dilakukan dengan cara duduk pada bangku, lalu kemudian mengangkat beban ke atas menggunakan kaki. Beratnya beban dapat diatur sesuai dengan kemampuan. Berbagai variasi dapat di lakukan dalam latihan ini untuk mendapatkan hasil optimal pada otot kaki yang lainnya. Alat ini bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otot, terutama otot bagian paha.

Lihat alat fitnes untuk latihan otot kaki, Home Gym Leg Press F 3800 di Jakarta

2. Latihan Otot Betis dengan teknik Squad


Squad adalah posisi berjingkrat setengah jongkok, dan terkadang sambil melompat. Dalam dunia fitnes, latihan squad biasa dilakukan untuk melatih otot-otot kaki, terutama disekitar area paha, pinggul dan pantat, serta memperkuat tulang, ligamen dan penyisipan dari tendon di seluruh tubuh bagian bawah. Latihan squad mengandalkan berat tubuh sendiri sebagai beban latihan, dan tidak jarang pula dengan menggunakan beban tambahan, atau alat fitnes berupa squad rack, atau smith machine.

3. Latihan Pergelangan dan Telapak Kaki dengan teknik Skipping


Lompat tali, atau Skipping merupakan salah satu bentuk olahraga sederhana yang banyak dikenal orang pada umumnya. Latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya membutuhkan sebuah tali skipping dan area yang tidak terlalu luas (bisa dilakukan di teras rumah).

Latihan skipping bermanfaat untuk melatih otot-otot kaki, terutama bagian pergelangan kaki dan telapak kaki. Selain itu, dengan teknik latihan yang benar, dengan hanya mengandalkan bagian pergelangan kaki saja, dan dilakukan dengan kombinasi olahraga lainnya, seperti cardio treadmill atau sepeda, itu akan membantu menurunkan berat badan anda lebih cepat.

4. Latihan Cardio Training


Selain latihan-latihan utama di atas yang menggunakan beban, baik beban tambahan ataupun beban berat tubuh sendiri, latihan cardio training juga bisa anda lakukan untuk melatih otot kaki secara menyeluruh. Latihan cardio seperti treadmill dan sepeda statis tidak saja untuk melatih otot jantung, tetapi juga otot kaki sebagai tumpuan utamanya. Jalan santai, jogging, ataupun sprint bisa anda lakukan menggunakan treadmill, atau latihan menggunakan sepeda statis dengan tambahan settingan beban.

Selain untuk memperkuat struktur otot kaki, latihan treadmill juga bisa menurunkan berat badan dengan latihan yang teratur dan pola makan sehat. Turunkan berat badan dengan treadmill bisa dilakukan dengan settingan incline maksimal. Belanja
Back To Top