Cara Efektif Menurunkan Berat Badan I

. . No comments:

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan I

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan I

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan I - Banyak orang mengeluh lantaran berat badan yang tidak kunjung turun, padahal sudah berlatih keras. Bermacam obat pun sudah dikonsumsi, tetapi tetap saja berat badan tidak seperti yang diharapkan. Malahan semakin bertambah.

Bagi anda yang termasuk mengalami masalah tersebut, tidak perlu panik dan putus asa. Berikut beberapa program latihan yang efektif menurunkan berat badan dan bisa anda lakukan, baik di rumah maupun di tempat latihan fitness langganan anda:

1. Bangun Minat dan Motivasi dengan Niat

Jangan berfikiran macam-macam dulu, karena niat yang saya maksudkan disini bukanlah seperti beribadah, melainkan sebuah komitmen supaya anda selalu mengikuti setiap program latihan sesuai dengan ketentuan dan tidak berhenti ketika anda merasa jenuh. Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, mulailah setiap latihan dengan yang ringan dulu, secara bertahap tingkatkan durasi, repeat, dan beban. Ingat, selalu konsisten dengan apa sudah anda mulai.

2. Latihan Kardio

Berat badan berlebih atau gemuk terjadi lantaran penumpukan lemak dalam tubuh. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari faktor keturunan, pola makan tidak sehat, kurang olahraga, dll. Untuk mengatasi lemak menumpuk bisa dilakukan dengan latihan kardio atau aerobik sejenisnya, misal jogging, bersepeda, renang, senam, yang bisa meningkatkan produksi keringat. Latihan kardio ini sangat efektif dalam pembakaran lemak tubuh, karena gerakan yang dilakukan dapat memancing keringat lebih banyak.

Teknik yang baik melakukan latihan kardio ialah dengan mengkombinasikan antara latihan intensitas tinggi dan intensitas sedang dalam rentang waktu tertentu. Caranya ialah dengan melakukan latihan sprint selama kurang lebih 20 detik, kemudian berjalan-jalan kecil selama 40 detik. Ulangi latihan itu selama 15 - 20 menit, lalu istirahatkan tubuh anda lebih kurang satu atau dua menit, dan lakukan latihan lain. Untuk memaksimalkan performa latihan anda, bisa dilakukan dengan bantuan alat fitness yang memiliki fasilitas preset program, seperti treadmill elektrik.

Selain jogging, bersepeda juga bisa anda lakukan sebagai salah satu bentuk latihan kardio yang bisa memproduksi keringat dan membakar lemak tubuh.

3. Atur Pola Latihan

Maksudnya ialah jangan memaksakan diri dalam setiap latihan yang anda ikuti, karena itu bisa berakibat buruk untuk anda sendiri. Porsi latihan yang berlebih dengan durasi lama sangat tidak dianjurkan. Selain dari resiko cedera, efek stuck lantaran otot yang mengecil dan pada akhirnya akan membuat anda frustasi dan tidak ingin berlatih lagi.

Lakukan latihan kardio 2 hari sekali dengan durasi 30 menit, lalu selingi dengan latihan otot yang juga 2 hari sekali, lakukan dengan teratur.

4. Atur Pola Makan

Meskipun dalam masa program diet, tidak berarti anda tidak makan. Kalau biasanya anda makan hanya 2 kali sehari, sekarang tingkatkan menjadi 3 kali sehari, tetapi dengan porsi tidak seperti biasanya. Makanlah sebelum merasa lapar, dan berhenti sebelum kenyang, karena itu bisa membantu mengurangi kerja lambung dan usus anda dalam mencerna makanan.

Hindari makanan berlemak, banyak mengandung minyak dan gula, serta kurangi karbohidrat. Ganti dengan menu sehat dan bergizi, serta konsumsi air putih yang cukup. Dan istirahat yang cukup.

5. Selalu Motivasi Diri

Dalam program diet/penurunan berat badan, akan banyak godaan dan halangan yang akan anda hadapi. Godaan itu bisa bermacam-macam, mulai dari rasa malas berlatih, sibuk bekerja, atau bertemu makanan yang terlihat enak, namun sebenarnya tidak sehat. Oleh karena itu, kembali luruskanlah niat anda semula, dan selalu lakukan hal-hal yang bisa menjaga motivasi anda dalam setiap latihan.

Terakhir, selalu ingat, meskipun anda sangat terobsesi dengan penurunan berat badan, tetaplah tahan diri anda untuk tidak berlebihan dalam setiap program, baik latihan, maupun pola makan. Efektif atau tidaknya suatu latihan yang anda lakukan tergantung kedisiplinan anda dalam mengikuti setiap program latihan.
Dan saya ucapkan selamat berlatih untuk anda, semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat...

Lanjut bagian II

Belanja

No comments:

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG