Kolagen dan Beragam Manfaatnya bagi Tubuh Manusia

. . 1 comment:

Kolagen dan Beragam Manfaatnya bagi Tubuh Manusia

Kolagen merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia dengan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Kolagen sendiri berarti lekat atau menghasilkan pelekat.  Serat kolagen memiliki ketahanan yang kuat terhadap tekanan.

Di dalam tubuh kita terdapat 27 jenis kolagen yang bisa ditemukan di tulang, tulang rawan, kulit, dan tendon. Seiring bertambahnya usia, kolagen pun akan mengalami penurunan. Hal ini akan menyebabkan kekuatan tulang berkurang, muncul kerut, dan kaku pada persendian. Berbagai cara tentunya akan dilakukan orang untuk mempertahankan dan mengembalikan kekuatan tulang, serta kelenturan kulit, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan sampai penyuntikan pada jaringan kulit.

Secara umum, kolagen terbagi dua, yaitu kolagen alami dan sintetis. Kolagen sintetis biasa kita temukan dalam bentuk obat-obatan baik dengan cara dikonsumsi maupun pemakaian luar dengan dioleskan. Sedangkan kolagen alami bersumber dari makanan organik seperti buah-buahan (strawberry, blueberry, blackberry dan tomat), sayur-sayuran (kacang-kacangan, bayam, asparagus dan bawang putih), ikan (tuna, salmon, sarden dan trout), susu (keju dan yoghurt), biji-bijian (gandum), dll.

Cara kerja kolagen alami ialah dengan merangsang produksi asam amino dalam tubuh, seperti prolin, glysin dan lysine dan juga sebagai struktur organik untuk pembangunan otot, gigi, sendi, tulang dan kulit. Selain itu, kolagen juga berfungsi menjaga metabolisme tubuh supaya tetap seimbang, memaksimalkan penyerapan kalsium, menjaga kelembaban kulit dari dalam serta menjaga kesehatan kuku dan rambut.

Berikut Manfaat Kolagen bagi Kesehatan dan Kecantikan:

1. Menjaga kecantikan kulit

Struktur kulit manusia dibentuk oleh kolagen yang bersinergi dengan protein lain, yang disebut elastin untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Karena itu, kolagen bermanfaat membantu memperkuat struktur jaringan penyusun kulit sehingga jaringan kulit menjadi lebih kuat dan elastis. Kulit dengan elastisitas tinggi akan mampu mencegah timbulnya kerutan sebagai tanda awal penuaan. Kolagen merupakan komponen pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur, mengurangi garis keriput pada wajah, mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit, dan menjaga agar tetap sehat alami meski sudah berumur lanjut.

2. Menjaga kekuatan otot

Serat Kolagen memiliki fungsi penting bagi otot dengan menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk bergerak sepanjang hari. Serat kolagen tidak hanya membuat serat otot rangka tetapi juga membuat otot polos (seperti yang terdapat pada kandung kemih, sistem reproduksi dan otot jantung).
Menjaga kadar kolagen dalam tubuh akan membantu meningkatkkan massa otot tubuh anda. Makanan seperti daging, ikan, telor, dan yoghurt bisa menjadi pilihan menu harian sebagai makanan sehat penambah massa otot. Dengan kombinasi latihan beban dan mengkonsumsi makanan tinggi protein, akan membuat tubuh anda terlihat lebih sehat dan bugar, serta berotot.

3. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Menurut laporan hasil penelitian FDA (Food and drug Administration), kolagen berperan dalam proses regenerasi tulang rawan, yang mengandung sekitar 70% kolagen pada jaringan ikat, khususnya bagian artikular kartilago dan meniskus. Kolagen pada tulang dan gigi bekerja bersama-sama dengan garam fosfor dan kalsium dalam membangun struktur tulang dan gigi. Kombinasi ini akan membentuk 95% bagian dari matriks tulang. Bagi anda pencinta kopi, minuman ini juga bisa dijadikan sebagai sumber kalogen bagi tubuh, tentunya dengan porsi tidak melebihi dua cangkir setiap harinya.

4. Menjaga kekuatan rambut dan kuku

Selain menjaga kesehatan kulit, kolagen juga bermanfaat memperkuat akar pada rambut dan merangsang pertumbuhannya kembali. Kolagen juga sangat dibutuhkan untuk memperkuat kuku sehingga tidak mudah patah dan dapat menghilangkan bintik-bintik putih pada kuku. Sumber makanan yang kaya kolagen alami seperti jeruk, tomat, apel, pepaya, anggur, kiwi dan wortel. Selain itu makanan yang juga kaya kolagen adalah telur, minyak zaitun, ceker ayam, ikan tuna dan salmon.

5. Menjaga peredaran darah dan kesehatan mata

Kolagen bertugas  membentuk dinding pembuluh darah, arteri dan kapiler, memberikan kekuatan pada dinding pembuluh, struktur dan fleksibilitas untuk menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh, serta mencegah terjadinya necrosis karena timbunan kolesterol dalam darah.

Sejalan dengan itu, kolagen juga turut berkontribusi menjaga daya penglihatan kita. Kolagen yang terdapat pada kelopak mata berperan dalam meningkatkan ketajaman visual penglihatan. Selain itu, kolagen pada lensa mata juga membantu membentuk cakram optic untuk fungsi penglihatan normal.

Itulah beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan dan kecantikan kulit sebagai zat perekat dalam tubuh kita. Selain itu, masih banyak lagi manfaat kolagen lainnya yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Mencukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh adalah sangat bijak untuk terus menjaga kesehatan kita.

Sebagai referensi sumber makanan kaya gizi dan vitamin, silahkan baca artikel kami tentang Sepuluh Jenis Sumber Makanan untuk Menjaga Kecantikan Kulit.

Sumber tulisan :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Kolagen
- http://www.mausehat.com/kolagen-tidak-hanya-untuk-kecantikan-kulit/
- http://tipsagarcantik.com/kolagen-alami-untuk-peremajaan-kulit.html
sumber gambar :
- http://reps-id.com/serba-serbi-kolagen/ Belanja

1 comment:

Kecantikan dan Kesehatan said...

terimakasih informasinya sangat bermanfaat

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG