Sepuluh Jenis Sumber Makanan untuk Menjaga Kecantikan Kulit

. .

Sepuluh Jenis Sumber Makanan untuk Menjaga Kecantikan Kulit

BandungFitnesCenter - Kecantikan Kulit merupakan dambaan setiap orang, terutama perempuan. Berbagai cara dilakukan, mulai dari pemakaian obat-obatan, kosmetik, sampai kepada tingkat yang lebih ekstrem dengan melakukan operasi plastik di beberapa bagian tubuh. Semua itu demi satu tujuan, untuk bisa tampil perfect di depan semua orang. Apakah anda termasuk salah satu diantaranya?

Jika benar, mari sejenak kita mulai berfikir ulang apakah itu suatu keharusan bagi anda, atau adakah alternatif lain selain itu.

Di era modern sekarang ini dengan kemajuan teknologi pengobatan dan kecantikan, apapun bisa dilakukan. Berbagai produk kecantikan super canggih tercipta, obat-obatan dihasilkan. Dan semua itu berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan, tanpa adanya jaminan efektifitas keberhasilan produk tersebut. Bahkan tidak jarang dampak negatif yang ditimbulkan sangat merugikan bagi anda sendiri.

Tapi tahukah anda, sebenarnya di dunia kesehatan kita tidak terlepas apa yang disebut sumber makanan bergizi dan tidak bergizi. Makanan sehat kaya gizi atau makanan tidak sehat yang kita konsumsi setiap hari secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan kita sendiri. Kita mungkin bisa saja memiliki kosmetik mahal harganya untuk menjaga kecantikan, tetapi semua itu akan percuma kalau kecantikan itu hanya terlihat dari luar dan sementara saja, dikarenakan pola hidup dan makanan yang tidak sehat. Padahal sesungguhnya dengan cara memilih pola hidup sehat yang dimulai dari makanan, tidak saja menjaga kecantikan, melainkan juga kesehatan jasmani secara keseluruhan.

Berikut Sepuluh Jenis Sumber Makanan untuk Menjaga Kecantikan Kulit dan hidup sehat anda:

1. Dark Cokelat

Sepuluh Jenis Sumber Makanan untuk Menjaga Kecantikan KulitMakanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan mungkin menjadi camilan favorit sehari-hari. Selain sebagai makanan ringan, Dark chocolate kaya akan kandungan antioksidan , asam lemak dan flavanols yang menjadikan kulit lebih bercahaya . Antioksidan dalam cokelat hitam akan membantu menghaluskan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari . Kakao juga bermanfaat melemaskan saluran arteri , meningkatkan sirkulasi darah yang mengarah ke kulit dan menjadikannya tetap sehat.

Jika Anda menyukai dark chocolate, minimal satu ons setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan anda. Dan pastikan cokelat yang anda pilih mengandung kakao minimal 80 % untuk menghindari susu dan gula di dalamnya.

2. Minyak kelapa

minyak kelapa
Ini merupakan salah satu sumber makanan yang kaya kandungan lemak jenuh. Sebanyak 90 persen dari kalori sebagai lemak jenuh. Minyak kelapa mengandung asam laurat , agen antibakteri dan antivirus yang sangat kuat membuat pertahanan diri dari serangan virus , infeksi , peradangan dan jerawat . Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E , yang sangat sempurna menjaga kulit tetap lembab , lembut , dan bebas dari kerut.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai krim untuk tubuh dan juga bisa dikonsumsi mentah paling kurang  1 sdm setiap hari. Minyak kelapa sangat baik untuk tiroid anda, dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Ikan Salmon

ikan salmon
Salmon merupakan makanan yang sangat baik untuk melawan stres , kecemasan , dan depresi . Salmon juga menyediakan sebagian besar kebutuhan sehari-hari vitamin D anda . Dan seperti anda ketahui, Vitamin D pada salmon bertanggung jawab menjaga jantung anda , tulang , usus dan otak agar tetap sehat alami. Hal ini juga dapat membantu mencegah kanker usus besar , kecemasan, depresi , penyakit jantung dan penyakit tulang.

Ikan salmon termasuk salah satu sumber kolagen alami. Kandungan omega-3, asam lemak yang sangat baik untuk memerangi peradangan , keriput dan jerawat. Kandungan Omega - 3 yang tinggi juga akan membantu melembabkan kulit anda dari dalam ke luar. Selain itu, makan salmon akan membuat kulit kepala anda tetap terhidrasi dan menjadikannya kuat, rambut juga sehat.

4. Biji-bijian

biki-bijian
Ada banyak jenis biji-bijian dengan kandunga vitamin tinggi, seperti biji Chia , biji rami , biji bunga matahari , biji labu , dan biji rami, semua itu sangat baik untuk kulit anda . Biji labu dan biji bunga matahari misalnya, memiliki kandungan selenium , vitamin E , magnesium , dan protein . Selenium dan protein dapat mencegah dan menghilangkan keriput pada kulit, Vitamin E meningkatkan kelembaban di kulit Anda dan magnesium menurunkan tingkat stres Anda . Omega 3, asam lemak sehat juga terdapat dalam biji rami dan yang sempurna untuk memerangi keriput dan jerawat . Biji ini juga kaya akan protein.

Biji-bijian juga banyak mengandung kolagen dan beragam manfaatnya bagi tubuh manusia untuk menjaga kesehatan jaringan kulit dan tulang. Tubuh yang memiliki kecukupan kolagen akan terlihat dari struktur tubuh tegap serta kulit elastis dan tidak kendur.

Cukup dengan menaburi biji-bijian di atas salad anda, dan nikmati kelezatan dan manfaat sempurna untuk kulit anda. Selain itu bisa juga dengan menambahkan bibit yoghurt buah, biji labu mentah, atau bijian yang anda sukai.

5. Paprika

Paprika merupakan sayuran yang dapat dinikmati baik dimasak atau mentah . Satu paprika merah mengandung lebih dari 100 % kebutuhan harian vitamin C Anda. Paprika juga mengandung sejumlah besar serat dan vitamin B6, kaya akan karotenoid untuk membantu mencegah keriput dan meningkatkan sirkulasi darah menuju kulit Anda , membantu terlihat lebih awet muda . Kandungan karotenoid pada paprika merah juga bagus untuk melawan jerawat .

Satu buah paprika merah sebagai snack rendah kalori, mengandung sekitar 30 kalori, akan sangat baik untuk anda. Kandungan serat pada paprika juga akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dengan sedikit kalori. Selain kulit bercahaya, anda juga akan memiliki tubuh langsing, minim lemak dan berat badan.

6. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman sumber antioksidan dan asam amino yang unik bernama theanine  (L – theanine). Manfaatnya dapat membantu tubuh Anda merasa lebih santai dan tingkat stres menjadi berkurang.

Ketika minuman teh dalam keadaan panas, ia akan melepaskan catechin, yaitu suatu jenis antioksidan anti - kanker dan anti - inflamasi. Teh hijau juga dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, memperkuat system pertahanan tubuh, dan membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi resiko terkana kanker usus pada wanita.

7. Bayam

Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan zat besi , folat , klorofil , vitamin E , magnesium , vitamin A , serat , protein nabati , dan Vitamin C. Bayam mengandung antioksidan yang berfungsi melawan semua jenis masalah kulit. Dengan kandungan antioksidan , Vitamin C , E , dan A, maka bayam patut menjadi perhatian untuk dijadikan menu harian anda.

 

 

8. Seledri

Mungkin keanyakan dari kita meremehkan sayuran yang satu ini, tapi tahukah anda, seledri banyak mengandung Vitamin K. manfaat fitamin K adalah melancarkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi . Hal ini dapat mengurangi tingkat stres anda, sebagai penyebab dari migrain, bahkan kanker, dan tentu saja kulit tidak sehat.

Seledri juga mengandung sodium alami, kalium dan air, untuk dapat membantu mencegah dehidrasi. Pastikan sayuran pelezat makanan ini tidak luput dari menu anda.

9. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sangat terkenal kaya gizi dan manfaat. Jika susah buang air besar, makan buah papaya akan kembali malancarkan system pencernaan anda. Hal ini tentunya sangat baik untuk anda dalam upaya menurunkan berat badan.

Papaya sangat rendah kalori ( hanya 39 kalori per 100 g ! ) dan juga tidak mengandung kolesterol. Selain itu, manfaat buah pepaya juga rendah fruktosa dan sangat baik untuk pencernaan. Nutrisi antioksidan yang ditemukan di dalamnya, termasuk Vitamin C dan E dan beta -karoten, bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan jerawat. Kandungan vitamin C juga dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

10. Wortel

Kita mengenal wortel sebagai sayuran yang baik untuk mata. Namun lebih dari itu, wortel ternyata juga sagat bagus untuk kulit anda, terutama untuk membersihkan jerawat. Wortel kaya akan vitamin A untuk membantu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan luar kulit. Vitamin A juga dapat mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

Wortel biasanya dikonsumsi sebagai sayuran dalam bentuk sup. Tetapi anda juga bisa menjadikannya berbentuk minuman berupa jus. Tentunya ini akan menguranagi zat gizi yang terbuang akibat pemanasan pada saat dimasak.

Itulah beberapa sumber makanan alami untuk kecantikan dari dalam. Bagaimana dengan anda ? sudahkan anda mencoba memenuhi kebutuhan tubuh anda, kulit anda, dan tentunya kesehatan anda dengan memulai dengan makanan kaya gizi seperti di atas. Anda tidak harus makan semuanya, tetapi pastikan setiap hari tubuh anda mendapatkan suplai gizi yang cukup, baik berasal dari buah-buahan maupun sayuran.

Sumber tulisan :
- http://en.amerikanki.com
Sumber gambar :
- http://blog.mountsinai.org
- http://3.bp.blogspot.com Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG