Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani

. .

Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Nabati

Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani - Makanan sarat protein memang sangat diperlukan, terutama untuk membantu tumbuh kembang otot setelah berlatih fitnes. Ada banyak makanan dengan kandungan protein tinggi, baik sumber nabati maupun hewani.
Pada tulisan terdahulu kita telah membahas lima sumber makanan tinggi protein nabati, yaitu segala sumber makanan yang berasal dari tumbuhan seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengulas sumber-sumber makanan kaya protein yang berasal dari hewan, atau yang lebih dikenal dengan protein hewani.

Seperti kita ketahui, protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk komponen jaringan otot. Memenuhi kebutuhan protein akan membantu meningkatkan massa otot.

Berikut Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani yang bisa dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh anda:

1. Telor

Telor disebut sebagai sumber protein yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sumber protein terbanyak pada telor terdapat pada putihnya. Mengkonsumsi telor dan roti gandum di pagi hari akan menghasilkan rasa kenyang lebih lama dengan asupan kalori lebih sedikit. Dengan pengertian lain, telor juga baik dikonsumsi untuk anda yang tengah dalam program penurunan berat badan.

2. Daging

Daging yang masuk dalam daftar sumber protein hewani diantaranya ialah daging ayam. Kandungan protein paling banyak terdapat pada dada ayam, rendah lemak dan kolesterol. Selain itu tenderloin juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian anda. Selain itu, daging sapi juga merupakan sumber protein hewani. Bagian pada daging sapi terbanyak mengandung protein ialah sirloin, dimana pada bagian ini mengandung sedikit lemak. Sirloin atau bagian paha sapi memiliki tekstur yang keras dan ukuran lebih besar.

3. Ikan

Semua jenis ikan yang layak konsumsi sangat baik untuk dijadikan sumber makananutama yang kaya akan protein. Ikan tuna dan salmon misalnya, menjadi santapan populer yang banyak dikonsumsi sehari-hari. Selain protein, ikan tuna juga mengandung banyak lemak tak jenuh yang mudah diserap oleh tubuh.
Udang juga termasuk jenis ikan yang kaya kalsium, dan nilai protein pada udang termasuk complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.
Selain protein, daging ayam dan sapi juga merupakan makanan sumber penghasil kolagen yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan tulang, jaringan kulit dan rambut. Manfaatnya untuk mempertahankan kepadatan tulang, mencegah kerut pada wajah dan penuaan dini.

4. Susu

Susu dikenal sebagai minuman pelengkap konsep lima sempurna. Susu yang berasal dari hewan dapat menjadi salah satu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas. Protein dalam susu mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan tubuh, yang menjadikannya sebagai sumber protein berkualitas tinggi.
Produk turunan dari susu ialah yoghurt, hasil fermentasi susu murni menjadi minuman dengan citarasa asam. Yoghurt tinggi kalsium, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Sama seperti ikan, yoghurt juga penghasil kolagen untuk mempertahankan keremajaan kulit dan kekuatan tulang.

5. Teri

Ikan kering yang satu ini, meski sering dipandang sebelah mata, namun faktanya makana rakyat ini mengandung banyak protein dan kalsiun yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot. Kandungan protein pada teri mencapai 10 persen. Sumber kalsium pada teri didapat dari rasa asin yang melekat pada ikan.

Sumber tulisan: manfaatnyasehat.blogspot.com
Sumber gambar : pondokibu.com Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG