Tingkatkan Massa Otot dengan Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Nabati

. .

Tingkatkan Massa Otot dengan Konsumsi Lima Sumber Makanan Protein Tinggi

Tingkatkan Massa Otot dengan Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Nabati - Protein merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk jaringan otot. Bagi seorang atlet atau binaraga sangat memerlukan asupan protein yang banyak untuk meningkatkan dan menambah massa otot. Protein berfungsi sebagai zat pengatur hormon dalam proses pencernaan. Protein juga berperan dalam menjaga kesimbangan pH asam dan basa dalam tubuh.  Selain itu, protein juga bermanfaat sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh.

Protein terbagi menjadi dua menurut sumbernya, yaitu protein nabati, yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan protein hewani, berasal dari hewan yang banyak mengandung profil asam amino lengkap termasuk esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Tingkatkan Massa Otot dengan Lima Sumber Makanan Tinggi Protein Nabati berikut ini : 

1. Kedelai

Kacang kedelai banyak mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin, yang bermanfaat untuk mengurangi potensi terserang penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Per cangkirnya, kacang kedelai mengandung 29 gram protein murni. Produk makanan yang terbuat dari kedelai diantaranya susu kedelai, tempe, dantahu.
Terbuat dari sari kedelai, tahu sangat banyak mengandung vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai makanan berbahan dasar kedelai, tahu tentunya juga banyak mengandung protein nabati dan mudah diserap oleh tubuh. 

2. Almond

Kacang almond mengandung kalsium dan protein yang tinggi, namun rendah karbohidrat. Kacang gurih ini juga mengandung serat alami yang mudah dicerna oleh tubuh, bisa dikonsumsi mentah atau ditambahi dengan bumbu penyedap rasa.
Kacang almond juga baik dikonsumsi bagi anda yang tengah dalam program penurunan berat badan atau diet. Hal ini dikarenakan kacang almond memiliki kandungan karbohidrat rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan.

3. Kacang Polong

Kacang yang termasuk jenis kacangan polong mengandung serat dan protein yang tidak sedikit. Satu cangkir kacang seperti kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung setidaknya 15 gram protein jenis nabati.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan serat alami, karbohidrat, vitamin, dan mineral, sehingga disebut juga sebagai sayuran bernutrisi lengkap. Dalam satu cangkir atau satu genggam brokoli terdapat 5 gram protein nabati yang bermanfaat untuk membantu pembentukan jeringan ikat pada otot.

5. Gandum

Gandum termasuk jenis biji-bijian atau grains, seperti halnya padi dan jagung. Makanan ini dikenal sebagai sumber karbohidrat utama yang banyak dikonsumsi. Hasil olahan yang terbuat dari gandum biasanya berupa roti sebagai menu sarapan pagi.

Namun, selain sebagai sumber karbohidrat, gandum ternyata juga memiliki sejumlah kandungan protein, meski jumlahnya tidak sebanyak kedelai atau polong.

Sumber Tulisan : manfaatnyasehat.blogspot.com
Sumber Foto    : medanmagazine.com Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG