Manfaat Buah Pepaya

.

Manfaat-Buah-Pepaya

BandungFitnesCenter - Setelah kemarin kita membahas manfaat buah pisang, sekarang kita akan mengupas manfaat buah Pepaya untuk kesehatan.

Pepaya, dengan nama latin carica papaya menjadi salah satu primadona buah-buahan yang banyak dicari. Pepaya banyak mengandung vitamin C, serat, fosfor, hidrat arang, kalori, kalsium, vitamin A, potassium, vitamin E, dan air/mineral. Di dalam buah pepaya sendiri terdapat suatu enzim bernama papain, yang digunakan untuk membantu mencerna protein dan berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembelit. Selain itu, enzim papain juga dapat digunakan untuk mengobati luka cedera dan alergi.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan zat-zat lain pada pepaya, tentunya memberikan manfaat tersendiri bagi kita, baik untuk penyembuhan maupun menjaga kesehatan dan kondisi tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah bernama papaya:

1. Melancarkan Pencernaan


Manfaat utama yang banyak diketahui secara umum, buah pepaya berkhasiat melancarkan pencernaan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan enzim papain dalam buah pepaya itu sendiri yang berfungsi mengurai protein dan lemak secara cepat untuk kemudian diubah menjadi energy dan ampas. Itulah mengapa orang yang suka menderita susah buang air besar, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya.

2. Menjaga Kesehatan Otot


Dengan adanya enzim papain di dalam buah pepaya itu sendiri, akan dapat mengurai makanan yang banyak mengandung protein dan lemak secara lebih cepat, sehingga penumpukan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dapat dihindari. Yang lebih pentingnya lagi ialah, pepaya dapat mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia dan dapat membantu menjaga kesehatan otot.

3. Penangkal Radikal Bebas


Di dalam buah pepaya banyak mengandung vitamin C dan betakaroten, yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, sebagai penangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, akan mencegah terjadinya penuaan dini akibat sel-sel kulit yang mati dan keriput. Pepaya juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah berkembangnya bakteri yang dapat merugikan usus. Selain itu, pepaya membantu menormalkan pH usus, sehingga keadaan flora usus menjadi normal.

4. Mencegah Penyakit Stroke


Penyakit stroke terjadi akibat terhentinya supply darah menuju otak kerena adanya tumpukan plak pada saluran darah. Penyebabnya ialah oksidasi kolesterol yang terjadi dipembuluh darah, kemudian terakumulasi membentuk plak itu sendiri. Pepaya sebagai buah yang mengandung banyak antioksidan akan mencegah terjadinya proses oksidasi kolesterol dalam darah.

5. Mengatasi Masalah Disfungsi Ereksi


Kandungan enzim L-aginin dan vitamin C dalam buah pepaya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproduksi oksida nitrat, yaitu suatu bahan kimia yang dilepaskan dalam tubuh sebagai respon terhadap rangsangan seksual. Cara kerjanya ialah melemaskan otot-otot penis dan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan menyebabkan ereksi. Mengonsumsi pepaya dengan kandungan sebanyak 500 miligram vitamin C per hari, akan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, mempercepat pergerakannya, dan pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan.

Lihat juga, manfaat buah alpukat untuk kesehatan kecantikan.
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG