Mangga, Si Kecut yang Menyehatkan

.

Mangga, Si Kecut yang Menyehatkan

Mangga, Si Kecut yang Menyehatkan - Mangga merupakan salah satu jenis tumbuhan tingkat tinggi yang memiliki batang dan kayu, dengan ketinggian bisa mencapai 40 m. Manga, yang paling dicari ialah buahnya. Berbentuk lonjong, warna kulit hijau kekuningan, dan rasa asam manis serta memiliki biji tunggal. Buah mangga sangat digemari sebagai buah meja atau hidangan pencuci mulut.

Selain rasanya  yang enak dan segar, buah mangga juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan berkhasiat untuk tubuh. Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).

Manfaat buah mangga untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Buah manga merupakan sumber antioksidan alami yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang masuk. Kandungan kalsium, betakaroten, vitamin A dan C bertugas untuk memicu produksi enzim antioksidan sebagai pelindungan bagi tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah mangga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Mencegah kerabunan, dan menjaga selaput lendir tetap stabil.

3. Menurunkan Berat Badan

Program diet ialah suatu upaya menjaga keseimbangan antara asupan makanan yang mengandung nutrisi dan energy yang dikeluarkan. Mangga, sebagai buah yang banyak mengandung serat dan vitamin C sangat baik untuk mencerna kadar gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi.

4. Mencegah Stroke

Stroke merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi terhambat. Penyempitan ini terjadi karena terjadi penumpukan lemak pada arteri (pembuluh darah). Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C dan serat serta kalium, dapat mengurangi gangguan pembekuan lemak pada saluran darah.

5. Sebagai Sumber Energi

Gula merupakan sumber energy bagi tubuh. Namun mengkonsumsi gula secara berlebihan, apalagi gula murni, juga tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi gula murni dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada kadar gula darah, yang bisa mengakibatkan diabetes. Solusinya ialah gula alami yang terdapat pada sari buah-buahan, salah satunya mangga yang mengandung gula sukrosa. Rasa manis alami pada buah mangga dapat menjadi alternative tambahan energy bagi tubuh.

6. Menjaga Kecantikan Kulit

Sebagai manusia, tentunya kita mendambakan penampilan yang sehat serta cantik, apalagi cantik dengan cara yang alami. Selain kesehatan tubuh, buah mangga ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, terutama wajah. Di dalam buah mangga terkandung vitamin A yang cukup banyak, dan tentunya sangat bermanfaat untuk kulit, mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka,dan mengatasi masalah jerawat, serta menghaluskan siku, lengan dan lutut. Mengkonsumsi mangga secara teratur membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar. Vitamin C, dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit lebih sehat.

Selain keterangan di atas, masih banyak lagi khasiat lain dari mangga. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan buah yang satu ini, untuk camilan sekaligus untuk kesehatan.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mangga
http://macammacampenyakit.com/manfaat-buah-mangga/


Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG