Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Kita

.

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Kita

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Kita - Air yang berbentuk bening, tidak berbau dan tidak berasa memiliki peran vital dalam menjaga kelangsungan makhluk hidup, termasuk manusia. Seperti kita ketahui dalam penjelasan sebelumnya tentang Air, sebanyak 60 % dari tubuh kita mengandung air. Kekurangan pasokan air menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kesulitan dalam proses metabolisme. Efeknya ialah terjadi pengerasan pada usus karena pencernaan tidak lancar, yang berujung pada susah buang air besar. Itu baru sebagian kecil dari dampak kekurangan asupan air pada manusia.
Dampak lebih parahnya lagi, kekurangan minum menyebabkan lelah, tenggorokan kering, haus, suhu tubuh naik, kepala terasa pusing karena pasokan oksigen berkurang, air seni menjadi berwarna pekat, halusinasi, dan berujung pada kematian. Kita mungkin bisa bertahan untuk tidak makan selama dua hari, namun kita tidak akan mampu bertahan jika kekurangan cairan dalam tubuh. Itulah pentingnya air.

Namun, meski dampak kekurangan air begitu mengerikan, tentunya kita ingin mengalami hal demikian. Selain efek buruk kekurangan air, juga terdapat banyak manfaat yang bisa kita rasakan bila kebutuhan air minum tercukupi.

Berikut beberapa manfaat Air Putih untuk Kesehatan Kita:

1.    Melancarkan Pencernaan

Air putih berfungsi melarutkan zat-zat makanan yang masuk ke dalam lambung, kemudian diteruskan menuju usus untuk di gizinya dan dubuang ampasnya. Pada saat kekurangan pasokan air, kemampuan usus dalam mencerna makanan menjadi berkurang, dan akibatnya susah buang air besar. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, dapat meningkatkan kinerja usus dan melancarkan proses pencernaan.

2.    Mencegah Sakit Kepala

Air putih membantu memperlancar sirkulasi darah menuju otak dalam memasok oksigen. Mengkonsumsi air putih secara rutin setiap hari memenuhi kebutuhan tubuh, dapat mencegah dan mengurangi sakit kepala akibat migraine. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya. (bersosial.com)

3.    Melindungi Jantung

Air putih berfungsi menjaga proses metabolisme tubuh tidak terganggu, melancarkan sirkulasi darah, sehingga tekanan darah menjadi stabil, dan mengurangi resiko terkena serangan jantung. Air putih juga berfungsi melancarkan saluran pencernaan pada usus, mengeluarkan zat-zat berbahaya, sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker.

4.    Meningkatkan Fungsi Otak

Air putih berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, terutama menuju otak. Darah bekerja menjaga supply oksigen menuju otak tetap stabil. Sementara fungsi utama oksigen ialah mempertahankan kinerja otak tetap optimal. Kekurangan pasokan oksigen menyebabkan fungsi berfikir otak menjadi berkurang. Untuk menjaga fungsi otak tetap optimal, diperlukan asupan air agar sirkulasi darah tetap lancar dalam memasok oksigen menuju otak.

5.    Meningkatkan Konsentrasi

Aktifitas keseharian menyebabkan rasa lelah dan letih. Secara perlahan cadangan air dalam tubuh akan berkurang, dan yang diperlukan saat itu ialah istirahat utnuk mengembalikan kebugaran. Itu tidaklah masalah. Namun bagaimana jadinya jika rasa lelah dan ngantuk itu muncul pada saat tengah hari ketika pekerjaan sedang menumpuk dan menuntut untuk diselesaikan? Istirahat tentunya bukan jalan yang bijak. Pada kondisi ini, yang perlu anda lakukan ialah minum air putih utnuk mengganti cairan yang hilang. Segelas air putih dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan kinerja otak, sekaligus konsentrasi bekerja.

6.    Mencegah Batu Ginjal dan Gagal Ginjal

Mungkin kita pernah perhatikan ketika kita minum kopi hitam, atau minum minuman berwarna merah, orange, atau biru, namun ketika buang air kecil, yang keluar bukanlah seperti yang kita minum, melainkan warna putih atau kemerahan. Hal itu terjadi karena fungsi ginjal bekerja menyaring zat-zat yang masuk dan mengeluarkannya menuju usus besar dalam keadaan stabil. Gagal ginjal terjadi karena fungsi ginjal sebagai penyaring makanan yang masuk tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal berfungsi menyaring semua elemen makanan yang masuk menuju usus besar. Dalam menjalankan fungsinya, ginjal memerlukan cairan untuk mencerna zat-zat makanan tersebut. Kekurangan air putih menyebabkan ginjal tidak dapat menjalankan fungsi seperti biasanya. Karena itulah terjadi gagal ginjal.

Selain di atas, masih banyak lagi Manafaat Air Putih untuk Kesehatan Kita. Jadi, mulai sekarang, cukupilah kebutuhan air putih untuk tubuh anda, suapaya tidak terjadi kekurangan yang berakibat dehidrasi dan menimbulkan bermacam penyakit.

Sumber:
https://www.bersosial.com
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG