Manfaat Buah Pisang

.

Manfaat Buah Pisang

Setelah kemarin membahas manfaat buah alpukat, sekarang kita akan beralih mengupas manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.


Pisang, sebagaimana kita ketahui, merupakan tumbuhan yang memiliki batang yang besar serta lunak dan tidak berkayu, atau disebut juga dengan pohon jenis Terna. Pisang memiliki daun yang lebar dan memanjang dengan buah berbentuk jari yang tersusun dalam satu rangkaian bernama sisir. Warna pisang yang matang biasanya hijau tua kekuningan dengan bintik-bintik coklat dan lunak jika ditekan.

Pisang banyak mengandung mineral  seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dan besi. Kandungan mineral yang terdapat dalam buah pisang hampir seluruhnya dapat diserap oleh tubuh, terutama zat besi. Selain itu, kandungan vitamin di dalam buah pisang juga banyak, seperti provitamin A yang diantaranya betakaroten sebanyak 45 g per 100 g, dan vitamin B, yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan B6 (piridoxin). Vitamin B6 berperan dalam proses metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat yang berperan dalam mendukung energy bagi otak dalam aktifitas sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat pisang untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Memperlancar Saluran Pencernaan

Manfaat utama buah pisang ialah melancarkan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan buah pisang banyak mengandung serat alami yang mudah diserap dan dicerna oleh usus besar. Serat juga berfungsi mengatur gerakan usus agar tetap teratur. Di dalam buah pisang terdapat zat Pektin yang ikut membantu meningkatkan sistem kerja pencernaan secara keseluruhan, sehingga bisa mencegah penyakit sembelit.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan kalium dan potassium dalam pisang bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga pasokan oksigen menuju otak menjadi lebih lancar. Kalium juga membantu menjaga denyut jantung supaya tetap stabil, mengurangi resiko stroke dan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Zat potassium yang terdapat dalam buah pisang dapat memberi efek positif terhadap ginjal. Dengan kandungan potassium yang cukup, akan memudahkan tubuh mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin, sehingga menjaga kondisi ginjal tetap baik. Senyawa lain yang juga dapat membantu kesehatan ginjal ialah fenolik antioksidan yang terdapat dalam buah pisang.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Osteoporosis merupakan penyakit pada tulang yang disebabkan oleh kekurangan pasokan kalsium sebagai zat pembangun tulang. Kekurangan kalsium ini bisa disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh menyerap zat-zat atau nutrisi makanan, terutama kalsium. Karena itulah kandungan probiotik yang terdapat dalam pisang sangat bermanfaat dalam membantu tubuh menyerap nutrisi tersebut, terutama kalsium untuk tulang.

5. Sumber Tenaga.

Energi sebagai sumber tenaga, banyak dihasilkan dari makanan yang mengandung karbohidrat. Pisang, salah satu buah-buahan yang banyak mengandung karbohidrat, meski tidak sebanyak nasi, tetapi masih lebih banyak dari apel dengan takaran yang sama. Nilai energy yang terdapat dalam buah pisang ialah 136 kalori per 100 gram. Energi yang dihasilkan tersebut termasuk energy instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat. Itulah sebabnya mengapa banyak atlet yang mengkonsumsi buah pisang pada saat latihan atau pertandingan, sebagai cadangan energy untuk sumber tenaga.


So, bila anda selama ini tidak suka pisang, atau malah takut makan pisang, mulai sekarang pertimbangkan kembali buah yang satu ini, tentunya demi kesehatan anda sendiri.
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG