Manfaat Buah Alpukat

.

Manfaat Buah Alpukat


Manfaat Buah Alpukat - Alpukat merupakan salah satu tanaman buah dengan batang dan akar tunggal. Ketinggiannya bisa mencapai 20 meter dari permukaan tanah. Ciri-ciri utamanya ialah buah berwarna hijau tua hingga ungu dengan daging wana hijau muda dan kuning pada inti. Buah alpukat banyak dimanfaatkan untuk industri sebagai bahan dasar produk kecantikan dan kosmetik.

Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga kaya kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Sebut saja misalnya Vit A dan Vit E, kalium dan potasium, lemak tak jenuh, asam oleat, vitamin B6, zat besi, mineral mangan dan seng. Semua kandungan tersebut bisa kita temukan pada bagian daging buah dan kulit.

Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan kita:

1. Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ penting bagi manusia dalam menjalan aktivitasnya. Karena itulah sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata itu sendiri. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin A dengan makan buah alpukat. Daging buah alpukat banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dalam 100 gram daging buah, terdapat 180,00 S.I vitamin A.

2. Mengontrol Gula Darah

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam buah alpukat berperan menurunkan kolesterol dalam darah dan juga dapat mengembalikan resitensi insulin dalam mengontrol gula darah. Selain itu, kandungan pottasium dan serat buah juga dapat mencegah penyumbatan sirkulasi darah serta membantu menstabilkan tekanan darah dan menghindarkan tubuh dari penyakit darah tinggi sebagai penyebab utama penyakit stroke.

3. Mencegar Penyakit Kanker

Dari beberapa hasil penelitian menemukan bahwa dalam setiap buah alpukat mengandung asam folat dan senyawa antioksidan yang bisa menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker penyebab kanker mulut. Alpukat juga mengandung vitamin E dan C, yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah alpukat banyak mengandung tembaga dan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Manfaatnya ialah meningkatkan sirkulasi darah, mencegah anemia akibat kurangnya suplai darah serta menjaga detak jantung dan sel saraf lainnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Dalam buah alpukat terkandung lemak tak jenuh yang sangat baik karena mudah dicerna. Lemak tak jenuh ini juga dapat mengurangi lemak jenuh yang terdapat dalam tubuh. Selain itu kandungan serat pada daging buah juga turut membantu melancarkan pencernaan. Ini sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program diet dan penurunan berat badan.

Demikian manfaat buah alpukat untuk kesehatan kita, dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa kita ambil, tentunya untuk kebaikan tubuh. So, mulai sekarang, biasakanlah makan buah alpukat. Saya do'akan semoga anda mendapat manfaat darinya untuk sehat selalu sepenjang waktu, Amiin...

sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG