Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula I

Pasang

Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula I - Olahraga Fitness merupakan salah satu bentuk aktivitas kebugaran yang menyenangkan, apalagi dilakukan bersama-sama. 

Selain untuk kesehatan dan kebugaran, fitness juga mampu menjaga penampilan dengan bentuk tubuh ideal, sehingga rasa percaya diri muncul. Kombinasi latihan otot lengan, dada, perut, hingga kaki, menjadikan kegiatan ini banyak diminati terutama kalangan remaja yang baru beranjak dewasa. Namun terkadang hal ini juga bisa menjadi sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi pemula. Alasan yang sering muncul ialah rasa malas, malu, tidak memiliki alat fitness, atau sedang tidak bersemangat untuk pergi ke tempat kebugaran, atau tempat fitness.

Untuk mensiasati masalah tersebut, berikut ada beberapa Tips Dasar Latihan Fitness yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan minat dan motivasi, khususnya bagi pemula:

1. Mulailah Dengan Niat

Hal pertama yang perlu anda tekankan ialah Niat. Buatlah komitmen pada diri sendiri dan ubah paradigma bahwa olahraga itu 'membosankan dan melelahkan' menjadi 'olahraga itu menyenangkan dan menyehatkan'. Buat jadual latihan secara teratur, dan jangan dulu mengambil jadual yang padat, cukup 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga kebugaran anda. Kalau perlu daftarkan diri anda di club fitness terdekat di kota anda, dan pilih jadual yang tidak terlalu sibuk. Atau jika budget anda mencukupi, anda bisa memiliki satu atau beberapa alat fitness untuk penggunaan home use, sehingga anda tidak perlu repot-repot datang ke tempat fitness untuk latihan.

2. Mulailah Latihan Dengan yang Ringan

Sebelum latihan beban, lakukan dulu pemanasan ringan. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari resiko cidera pada saat latihan beban nantinya. Pemanasan bisa dilakukan dengan peregangan otot-otot dan persendian, lakukan selama 5 menit. Lalu kemudian dilanjutkan dengan berlari-lari kecil menggunakan treadmill atau sepeda statis sekitar 10 menit. Setelah itu mulailah dengan latihan beban yang ringan-ringan, seperti barbel 2-3 kg, lakukan kurang lebih 5 menit. Apabila tubuh anda sudah mulai panas dan berkeringat, lanjutkan dengan latihan beban home gym. Tambahkan beban secara perlahan, dan jangan melebihi kemampuan anda, karena ini bisa menyebabkan cidera otot.

3. Mulailah Latihan Dengan yang Menyenangkan

Salah satu hal yang bisa membuat anda betah berlama-lama dalam latihan ialah dengan fikiran yang rileks. Itu bisa anda dapatkan dengan pemilihan tempat latihan yang menyenangkan, di taman, di pantai, atau di sekitaran komplek perumahan yang bebas dari asap kendaraan. Selain itu, sarana hiburan lain, seperti mendengarkan musik sambil jogging juga bisa anda lakukan. Intinya, buat diri anda merasa nyaman dan rileks.

4. Mulailah Latihan Dengan Jadual yang Teratur

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukanlah latihan dengan teratur sesuai jadual yang sudah anda buat sebelumnya. Ulangi latihan, dan tingkatkan frekuensi serta beban sesuai dengan kemampuan. Ingat, sebelum latihan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan dan latihan beban yang ringan. Biarkan tubuh anda beradaptasi dulu dengan gerakan-gerakan yang sederhana.

5. Mulailah Latihan Dengan Konsisten

Dengan membuat jadual dan pola latihan yang bertahap, biasakanlah diri anda untuk tetap konsisten. Hal terberat mungkin akan anda temukan di awal-awal latihan, namun seiring dengan waktu, anda akan mulai terbiasa dan bahkan menikmati dan menjadikan kegiatan fitness sebagai jadual tetap yang harus anda lakukan setiap harinya.

Dan terakhir, kami ucapkan selamat mencoba beberapa Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula, semoga kualitas hidup sehat anda akan menjadi lebih baik dengan penampilan yang bugar disertai fikiran yang jernih, dan kesuksesan akan menjadi teman hidup anda.
etalase
Post a Comment

Total Pageviews

Wikipedia

Search results

Template images by nickfree. Powered by Blogger.

Test Footer