Beragam Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

. . No comments:

beragam-khasiat-buah-pisang-untuk-kesehatan.html

Beragam Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

Tulisan tentang manfaat pisang sebenarnya sudah pernah diposting pada blog ini dengan judul Manfaat Buah Pisang. Namun karena banyaknya manfaat serta khasiat buah pisang yang belum diketahui pada tulisan terdahulu, terutama untuk menjaga kesehatan kita, maka karena itulah kita akan gali lebih dalam lagi khasiat buah yang satu ini untuk kesehatan.

Dimulai dari penelitian yang telah membuktikan bahwa dengan hanya mengkonsumsi dua buah pisang dapat mencukupi kebutuhan energi untuk latihan beban atau fitnes selama 90 menit . Tidak heran mengapa pisang mendapat predikat sebagai buah nomor satu, pilihan atlet terkemuka, semisal atlet sepeda.

Namun demikian, energi bukanlah satu-satunya manfaat yang didapat dari buah pisang. Selain menghasilkan tenaga, buah pisang ternyata juga dapat membantu mengatasi atau mencegah beberapa macam penyakit dan kondisi kesehatan lainnya. Berikut beberapa khasiat buah pisang untuk kesehatan kita:

1. Mengatasi Depresi

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MIND, diantara pasien penderita depresi, kebanyakan diantara mereka merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang dikenal untuk membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

2. PMS:

Lupakan pil - makan buah pisang. Vitamin B6 yang terkandung dalam buah pisang dapat mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda.

3. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu apabila terjadi anemia.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Buah tropis unik yang satu ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk menurunkan resiko tekanan darah dan penyakit stroke.

5. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sebanyak 200 siswa di sekolah Twickenham (Inggris) terbantu dalam ujian mereka, karena memakan buah pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu proses belajar dengan meningkatkan konsentrasi siswa.

6. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang dapat menormalkan kembali pencernaan, mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

7. Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah milkshake pisang, yang dimaniskan dengan madu. Buah pisang meredakan perut dan dengan bantuan madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam Anda.

8. Heartburn (maag)

Heartburn adalah sensasi hangat dan terbakar pada rongga dada yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Secara medis, heartburn dikenal sebagai pyrosis atau gangguan asam pencernaan. Sebagai pertolongan pertama jika terjadi heartburn adalah dengan mengkonsumsi buah pisang.
Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika Anda menderita mulas, cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya. Dan untuk penanganan lebih lanjut, bisa ke rumah sakit.

9. Morning Sickness

Morning sickness” memiliki gejala pening, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari. Pada beberapa wanita, gejala “morning sickness” bahkan berlanjut hingga sepanjang hari. “Morning sickness” muncul pada minggu ke 4-6 kehamilan dan terus berlanjut hingga maksimal minggu ke-16. Lama dan derajat “morning sickness” berbeda pada setiap wanita.
Ngemil pisang di antara waktu makan akan dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness.

10. Digigit Nyamuk

Sebelum menggunakan krim gigitan nyamuk, cobalah untuk menggosok daerah yang terkena gigit dengan bagian dalam kulit pisang. Telah banyak ditemukan orang yang berhasil mengurangi pembengkakan dan iritasi.

11. Menjaga Sistem Saraf

Pisang mengandung vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf ..
Kegemukan dan di tempat kerja? Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat bekerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang dapat menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena berada dalam tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga tingkat kestabilannya. Dan salah satunya adalah dengan makan buah pisang.

12. Mengatasi Luka lambung

Pisang digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa chroniclercases. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

13. Mengendalikan suhu tubuh:

Kebanyakan orang dari daerah berbeda, melihat pisang sebagai buah 'dingin' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu hamil. Di Thailand, misalnya, ibu hamil akan makan buah pisang untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Jadi, berdasarkan beberapa khasiat buah pisang di atas, itulah mengapa buah yang satu ini merupakan obat alami untuk berbagai macam penyakit. Beragam Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda membandingkannya dengan apel, maka pisang memiliki protein EMPAT KALI lebih banyak, dan dua kali karbohidrat, TIGA KALI fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya kalium yang merupakan salah satu dari nilai makanan terbaik di sekitar kita.

Sumber tulisan:
- http://bit.ly/1puBuTv (terjemahan)
- http://bit.ly/1voIQIa
Sumber gambar:
- http://bit.ly/1FVVZyB Belanja

No comments:

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG