Beragam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

. .

Beragam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

BandungFitnesCenter - Kacang merupakan istilah non-botani, biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Sementara Kacang merah termasuk salah satu jenis polongan yang kita kenal di Indonesia seperti halnya kacang tanah, kacang kedelai, kacang panjang, kacang hijau. Kacang merah memiliki sebutan Phaseolus vulgaris, tumbuhan merambat dan membutuhkan penyangga untuk tumbuh dengan biji berwarna merah.

Kacang merah banyak digunakan sebagai makanan pelengkap hidangan utama dengan berbagai kreasi berupa soup, kari, salad, atau juga toping. Kacang merah mengandung banyak protein sehingga sering  dijadikan sebagai makanan pengganti pangan yang sangat penting. Ada banyak kandungan nutrisi pada kacang merah yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dalam 100 gr, kacang merah mengandung energi sebesar 336 kilokalori, protein 23,1 gram, karbohidrat 59,5 gram, lemak 1,7 gram, kalsium 80 miligram, fosfor 400 miligram, dan zat besi 5 miligram.  Selain itu juga terdapat vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,6 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari penelitian terhadap 100 gram Kacang Merah, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 95 % oleh (http://organisasi.org).

Dari kandungan gizi pada kacang merah tersebut, terdapat beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa kita rasakan, diantaranya:

1. Mengontrol berat badan

Kandungan protein pada kacang merah berperan sebagai nutrisi penting pengganti nasi yang notabene banyak mengandung karbohidrat penyebab kegemukan, sehingga dengan mengkonsumsi kacang merah akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Ini tentunya sangat baik untuk mengontrol berat badan, khususnya bagi anda dalam masa diet atau penurunan berat badan. Selain itu, kandungan protein nabati pada kacang merah juga dapat membantu mencegah timbulnya sel kanker pada usus besar. Kandungan protein nabati juga bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh. Sumber protein lainnya juga banyak terdapat pada telur, daging, kacang kedelai dan kacang-kacangan lain.

2. Mencegah kolesterol

Kacang merah bermanfaat mencegah kelesterol jahat dalam tubuh dan membantu memperlancar saluran pencernaan (anti sembelit). Kandungan seratnya yang tinggi melalui proses fermentasi dalam usus besar, kemudian menghasilkan asam-asam lemak rantai-pendek. Hal ini dapat menghambat proses sintesis kolesterol dalam hati. Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan folat dan vitamin B6 pada kacang merah dapat membantu proses  pematangan sel darah merah, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri. Sehingga hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan otak

Kacang merah dapat menjaga fungsi system syaraf, metabolisme karbohidrat, dan mencegah penyakit beri-beri dengan kandungan thiamin. Kandungan vitamin K pada kacang merah sebagai nutrisi penting untuk perkembangan otak.

5. Menjaga kesehatan kulit

Asam amino pada kacang merah, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin, dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh serta menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6.

6. Mencegah anemia

Kacang merah dapat membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, pembentukan enzim, pembentukan tulang, mencegah resiko anemia (darah rendah) dengan kandungan zat mineral zinc, besi, dan tembaga. Sebagai makanan yang tinggi zat besi, kacang merah juga sangat bermanfaat membantu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam darah sebagai pemicu energy dalam tubuh.

sumber tulisan : merdeka.com
sumber gambar :  nanakam.blogspot.com Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG