Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

. .

Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kentang atau dalam bahasa ilmiahnya dinamakan solanum tuberosum merupakan sejenis tanaman dengan umbi batang yang dapat dimakan. Kentang pada awalnya berasal dari Amerika Selatan, yang dibawa pertama kali oleh penjelajah Spanyol dan Portugis untuk dikembangbiakkan di Eropa sekitar tahun 1565. Sejak itulah, kentang mulai menyebar ke Negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, kentang sudah sangat popular sebagai makanan pokok ke dua setelah nasi. Kentang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1794. Penyebarannya meliputi jawa, sumatera yang memiliki kontur tanah humus dan bekas letusan gunung dengan ketinggian 1000 mdpl.

Sebagai makanan pokok pengganti nasi, kentang memiliki kandungan gizi tinggi untuk membantu tubuh menghindari banyaknya masalah kesehatan. Sebut saja misalnya vitamin A, B, C, dan E sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan organ luar, sekaligus menjadi benteng utama dalam interaksinya dengan dunia luar, terutama sinar matahari dan polusi.
Salah satu kandungan gizi penting pada kentang adalah asam amino, yaitu asam karboksilat yang memiliki gugus amino. Sebagai fungsi biologis dalam tubuh, asam amino berfungsi sebagai komponen penyusun protein, termasuk enzim. Asam amino berfungsi juga menyusun kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam proses metabolisme (terutama vitamin, hormon, dan asam nukleat).

Berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan:


1. Mencerahkan kulit dan menyuburkan rambut

Kentang sebagai sumber betakaroten atau vitamin A berfungsi sebagai antioksidan alami dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kombinasi antiokasidan dan vitamin A tersebut juga bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kulit. Dengan asupan vitamin A yang cukup dari kentang akan dapat meningkatkan kecerahan kulit serta menyuburkan tumbuhnya rambut.

2. Menjaga kadar gula darah

Kandungan mangan sebagai bagian dari mineral merupakan komponen penting dalam metabolism karbohidrat dalam membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Selain kandungan mangan dan kalium, pada kentang juga terdapat karotenoid yang juga berfungsi membantu menjaga kestabilan gula darah dan resistensi insulin.

3. Menurunkan berat badan

Kentang merupakan jenis makanan dengan kandungan serat tinggi, dampaknya adalah memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga kita tidak akan cepat merasa lapar. Hal ini tentunya sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tidak naik.

4. Menjaga tekanan darah dan kesehatan hati

Kandungan vitamin B6 pada kentang berfungsi untuk membantu memecahkan homosistein, yang berkontribusi dalam pengerasan arteri dan pembuluh darah. Dengan demikian, kentang bermanfaat dalam menjaga dinding darah agar tetap fleksibel, tekanan darah tetap lancar, dan menjaga kesehatan hati secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada kentang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya ialah dengan menurunkan kelebihan natrium dan mengatur keseimbangan cairan

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu komponen penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin D yang terdapat dalam kentang. Vitamin D berperan untuk meningkatkan system imun dalam tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan. Selain sebagai makanan pokok, kentang juga biasa dinikmati sebagai camilan ringan sambil minum teh.

sumber tulisan :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Kentang
-http://bit.ly/1hczIAD
sumber gambar:
- http://bit.ly/1u2wQ2d Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG