Menurunkan Berat Badan dengan Jambu Biji

.

Menurunkan Berat Badan dengan Jambu Biji

Menurunkan Berat Badan dengan Jambu Biji - Jambu biji atau Jambu batu (Psidium guajava) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Menurut sejarahnya, jambu biji berasal dari Brasil, yang  disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Ciri-ciri utama buah ini berwarna hijau, daging buah berwarna putih atau juga merah disertai biji yang keras, dengan rasa asam-manis. Jambu biji dikenal banyak mengandung vitamin C, bahkan dengan takaran yang sama, lebih banyak dua kali lipat dibanding dengan jeruk manis.

Berikut beberapa nilai gizi yang terdapat pada jambu biji per 100 g:

 - Vitamin (vitamin C 228 mg 396%, vitamin A 624 IU 21%, vitamin E 0,73 mg 5%, vitamin K  2.6 mcg 2%)
- Serat diet 5.4 g 14%
- Asam pantotenat 0.451 mg 9%
- ß-karoten 374 mcg
- Air 86 gram
- Besi 0,26 mg 3%
- Riboflavin 0,040 mg 3%
- Kalium 417 mg 9%
- Folates 49 mcg 12,5%
- Karbohidrat 14,3 g 11,5%
- Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
- Lycopene 5204 mcg
- Energi 68 Kcal 3,5%
- Mangan 0,150 mg 6,5%
- Magnesium 22 mg 5,5%
- Protein 2,55 g 5%
- Thiamin 0,067 mg 5,5%
- Mineral
- Elektrolit
- Fosfor 11 mg 2%
- Kalsium 18 mg 2%
- Niacin 1,084 mg 7%
- Phyto-nutrisi
- Total Lemak 0,95 g 3%
- Selenium 0.6 mcg 1%
- Seng 0,23 mg 2%
- Tembaga 0,230 mg 2,5%

Adapun manfaat jambu biji untuk kesehatan diantaranya:

1.    Melancarkan Pencernaan

Jambu biji kaya akan serat yang mudah larut, sehingga baik untuk pencernaan. Serat berfungsi mengurangi efek buruk racun dan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Jambu biji juga bermanfaat memperkuat jantung serta antikanker. Kandungan vitamin C, karotenoid dan kalium bermanfaat untuk memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

2.    Mencegah Kanker

Kandungan yang terdapat pada buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara vitamin A bermanfaat untuk kesehatan dan peremajaan kulit.

3.    Meningkatkan Fungsi Otak

Selain vitamin A, yang tidak kalah pentingnya ialah vitamin B pada jambu biji yang memainkan peran dalam kesehatan fungsi otak. Vitamin B3 (niasin)bermanfaat merangsang fungsi otak serta meningkatkan aliran darah, sedangkan vitamin B6 (pyridoxine) merupakan nutrisi yang sangat penting untuk otak dan fungsi saraf.

4.    Menjaga Tekanan Darah

Serat yang terdapat pada Jambu Biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah penumpukan, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan mengurangi tekanan darah. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan yang digunakan oleh tubuh sebagai rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

5.    Menjaga Kecantikan

Mengkonsumsi buah jambu dapat membantu menghindari masalah kulit secara alami lebih baik disbanding menggunakan krim kecantikan atau toner kulit, karena bebas efek samping. Ini tidak terlepas dari kandungan astringents dalam buah-buahan (yang belum matang) dan daun. Selain itu, kandungan vitamin A, B, C dan kalium, sangat baik untuk menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas dari penuaan, keriput, dan gangguan lainnya.

6.    Penurunan Berat Badan

Bagi anda yang tengah dalam program diet, mengkonsumsi jambu biji sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Jambu biji kaya protein, vitamin dan mineral, serta serat. Meski begitu, jambu biji rendah akan kolesterol dan karbohidrat sehingga mengkonsumsi buah ini membuat perut terasa lebih cepat kenyang. Kombinasi latihan kardio yang teratur dan konsumsi makanan sehat dan kaya serat, bukan tidak mungkin keinginan untuk menurunkan berat badan anda akan tercepai secara bertahap.

Selain uraian di atas, masih banyak lagi khasiat dan manfaat jambu biji untuk kesehatan manusia. Tinggal kita pintar-pintar memilih dan mengatur waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Paling enak dengan menjadikan minuman berupa juice, tapi yang paling baik ialah dengan cara memakan langsung, karena pada saat mengunyah terjadi proses pencampuran enzim air ludah dengan zat-zat dalam buah yang dapat langsung diserap oleh tubuh.
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG