Manfaat Telur Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

. . No comments:

Telur merupakan salah satu sumber makanan hewani yang populer dan sudah ada sejak zaman dahulu. Telur banyak dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu sebagai makanan pokok. Pada umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa. Namun demikian beberapa orang juga mengkonsumsi telur yang berasal dari ikan atau yang lebih besar berupa telur burung unta.

Pada dasarnya telur adalah zigot yang berfungsi menjaga embrio yang terdapat di dalamnya. Karena itulah cadangan makanan berupa nutrisi dan gizi yang lengkap diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup embrio tersebut. Adapun telur yang biasa kita konsumsi setiap hari adalah telur yang tidak terdapat embrio di dalamnya, hal ini dikarenakan indukan ayam petelur tidak disatukan dengan pejantan sehingga tidak terjadi pembuahan. Namun demikian, kandungan nutrisi pada telur tidaklah hilang, dan tetap bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat telur yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1. Telur sebagai sumber energy alami


Dalam olahraga fitness, kita tentunya membutuhkan energy yang banyak untuk dapat melakukan gerakan-gerakan latihan beban yang diperlukan guna membentuk otot. Karena itulah kita memerlukan asupan makanan kaya energy untuk menjaga tetap bertenaga. Namun demikian, makan saja tidak cukup, jika nutrisi dalam makanan tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Itulah gunanya Vitamin B2 yang berperan sebagai pemecah makanan menjadi energy. Dalam satu butir telur terdapat setidaknya 10 % kandungan vitamin B2, yang baik untuk menjaga dan meningkatkan energy dalam tubuh, sehingga anda lebih bertenaga dalam latihan angkat beban.
Untuk dapat merasakan manfaat telur sebagai sumber energy alami, sebaiknya mengkonsumsi telur (direbus ataupun digoreng sama saja) satu jam sebelum melakukan latihan, dan satu jam setelah latihan untuk mengembalikan energy yang hilang, sehingga anda tidak kelelahan dalam menjalankan aktifitas lainnya setelah latihan.

2. Telur sebagai sumber protein berkualitas tinggi untuk meningkatkan massa otot

Bagi anda yang sedang mengikuti program latihan fitness, mengkonsumsi telur tentunya tidak asing lagi bagi anda sebagai salah satu sumber protein alami berkualitas tinggi. Telur bisa disebut juga makanan untuk otot. Banyak binaragawan yang menerapkan pola makanan sehat, menempatkan telur sebagai menu wajib harian mereka, selain daging dan sayur. Dalam satu butir telur setidaknya mengandung 6,5 gram protein, 300 mikrogram kolin dan 315 miligram phosphatidylcholine. Bagian yang paling banyak mengandung protein adalah putih telur. Protein yang terdapat pada telur sangat baik untuk membantu meningkatkan massa otot. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B6, D, dan E, asam amino, riboflavin, folat, zat besi, fosfor, dan juga vitamin B12 sebagai penghancur lemak, dan meningkatkan massa otot.

3. Menjaga pembentukan sel darah merah

Telur mengandung Vitamin B12 yang berfungsi sangat penting untuk menjaga pembentukan sel darah merah. Seperti kita ketahui, sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga kita tetap dapat bernafas, menentukan golongan darah sebagai pembeda masing-masing individu, menjaga system kekebalan tubuh (anti bodi) sehingga kita tidak mudah terserang penyakit, dan melebarkan pembuluh darah sehingga system peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan Vitamin B12, maka tubuh akan tetap dalam kondisi bugar dan terjaga dari berbagai macam penyakit. Orang yang kekurangan sel darah merah dapat ditandai dengan sering mengalami pusing, serta mudah kelelahan.

4. Telur dapat membantu menjaga Kesehatan Mata

Jika selama ini kita hanya mengenal sayuran wortel sebagai sumber nutrisi alami untuk menjaga kesehatan mata, maka sekarang kiranya kita perlu menambahkan telur sebagai salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A yang terdapat pada satu butir telur adalah 5 %, ini tentunya bisa menjadi sumber alternative nutrisi makanan selain wortel. Seperti kita ketahui, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama menurunnya fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti katarak dan penyakit mata lainnya.

Selain itu, dalam satu butir telur juga mengandung Lutein and Zeaxanthin, dua antioksidan yang memegang peranan penting dalam kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya.

5. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi

Jika anda memiliki energy yang melimpah di dalam tubuh, tentunya anda membutuhkan suatu sarana untuk dapat menyalurkannya, sehingga energy tidak berlama mengendap dalam tubuh. Salah satu sarananya adalah dengan melakukan latihan fitess, bisa berupa cardio ataupun angkat beban. Namun apa jadinya berbagai aktifitas tersebut, jika anda memiliki tulang yang rapuh? Bukannya mendapatkan manfaat, malah anda bisa saja mengalami cedera patah tulang, dan lain sebagainya. Itulah gunanya Vitamin D dalam tubuh. Fungsi utamanya adalah menjaga tulang agar tetap sehat kuat dalam waktu yang lama. Dan salah satu sumber makanan yang mengandung Vitamin D di dalamnya adalah telur. Vitamin D alami yang terdapat pada telur dapat membuat tulang dan gigi tetap kuat dan sehat.

6. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering bersinggungan dengan polusi asap, debu, matahari, pembakaran, makanan berminyak, dan mesin-mesin kendaraan. Itu semua adalah sumber dari zat bernama radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya, molekul tersebut akan mudah bereaksi dengan zat-zat yang terdapat pada struktur sel manusia. Salah satu akibatnya adalah berupa kerusakan jaringan sel dalam tubuh, seperti penuaan dini, dan bahkan kanker. Itulah kenapa kita perlu memenuhi kecukupan asupan Vitamin E dalam tubuh, yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel dan dapat menyebabkan kanker. Telur, dalam hal ini bisa menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung Vitamin E yang cukup dan dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

7. Telur Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin anda kaget dengan kenyataan ini, tetapi itulah faktanya. Mengkonsumsi telur bisa membuat anda merasa cepat kenyang, hal ini disebabkan kandungan protein tinggi di dalamnya, sehingga bisa memberikan ‘rasa kenyang’ tanpa menambah lebih banyak kalori ke dalam tubuh. Menu yang cukup populer bagi orang yang sedang diet adalah mengkombinasikan telur utuh, gandum utuh (whole grain) dan tambahan sayuran. Ini merupakan komposisi yang ideal untuk menu sehat harian, serta mencukupi kebutuhan energy harian untuk menjalankan berbagai aktifitas.

Sumber tulisan :
https://pulauherbal.com/jurnal/369-kandungan-nutrisi-dalam-telur.html
https://www.webkesehatan.com/manfaat-telur-bagi-kesehatan-tubuh/
Sumber gambar :
https://www.cosmomom.net/mitos-fakta-amankah-konsumsi-telur-pada-bayi/ Belanja

No comments:

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG