Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui

. .
Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui
Empat Bentuk Latihan Otot Kaki yang Perlu Anda Ketahui - Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyangga tubuh bagian atas. Selain terdiri dari sekumpulan struktur tulang utama (tulang paha, tulang kering, tulang lutut, tulang betis, tulang pangkal kaki, tulang telapak kaki), atau biasa disebut dengan tungkai, bagian kaki juga terdiri dari sejumlah jaringan otot, mulai dari jaringan otot paha, otot betis, dan otot telapak kaki. Dua komponen utama penyusun kaki ini masing-masing memiliki peran tersendiri. Tulang sebagai penyangga utama, dan otot sebagai pembentuk dan sekaligus pengikat tulang. Karena itulah, latihan beban diperlukan, selain sebagai usaha untuk membentuk otot kaki yang kekar, juga sebagai latihan untuk menjaga kekuatan tulang.

Berikut adalah Empat bentuk latihan otot kaki yang biasa dilakukan, terutama di kalangan fitnes mania untuk menjaga dan melatih kekuatan otot kaki:


1. Latihan Otot Paha menggunakan alat Leg Press Machine


Leg press machine merupakan alat fitnes profesional dengan memanfaatkan beban (plate besi) sebagai sarana untuk menghasilkan daya kontraksi pada otot kaki. Dengan posisi latihan dilakukan dengan cara duduk pada bangku, lalu kemudian mengangkat beban ke atas menggunakan kaki. Beratnya beban dapat diatur sesuai dengan kemampuan. Berbagai variasi dapat di lakukan dalam latihan ini untuk mendapatkan hasil optimal pada otot kaki yang lainnya. Alat ini bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otot, terutama otot bagian paha.

Lihat alat fitnes untuk latihan otot kaki, Home Gym Leg Press F 3800 di Jakarta

2. Latihan Otot Betis dengan teknik Squad


Squad adalah posisi berjingkrat setengah jongkok, dan terkadang sambil melompat. Dalam dunia fitnes, latihan squad biasa dilakukan untuk melatih otot-otot kaki, terutama disekitar area paha, pinggul dan pantat, serta memperkuat tulang, ligamen dan penyisipan dari tendon di seluruh tubuh bagian bawah. Latihan squad mengandalkan berat tubuh sendiri sebagai beban latihan, dan tidak jarang pula dengan menggunakan beban tambahan, atau alat fitnes berupa squad rack, atau smith machine.

3. Latihan Pergelangan dan Telapak Kaki dengan teknik Skipping


Lompat tali, atau Skipping merupakan salah satu bentuk olahraga sederhana yang banyak dikenal orang pada umumnya. Latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya membutuhkan sebuah tali skipping dan area yang tidak terlalu luas (bisa dilakukan di teras rumah).

Latihan skipping bermanfaat untuk melatih otot-otot kaki, terutama bagian pergelangan kaki dan telapak kaki. Selain itu, dengan teknik latihan yang benar, dengan hanya mengandalkan bagian pergelangan kaki saja, dan dilakukan dengan kombinasi olahraga lainnya, seperti cardio treadmill atau sepeda, itu akan membantu menurunkan berat badan anda lebih cepat.

4. Latihan Cardio Training


Selain latihan-latihan utama di atas yang menggunakan beban, baik beban tambahan ataupun beban berat tubuh sendiri, latihan cardio training juga bisa anda lakukan untuk melatih otot kaki secara menyeluruh. Latihan cardio seperti treadmill dan sepeda statis tidak saja untuk melatih otot jantung, tetapi juga otot kaki sebagai tumpuan utamanya. Jalan santai, jogging, ataupun sprint bisa anda lakukan menggunakan treadmill, atau latihan menggunakan sepeda statis dengan tambahan settingan beban.

Selain untuk memperkuat struktur otot kaki, latihan treadmill juga bisa menurunkan berat badan dengan latihan yang teratur dan pola makan sehat. Turunkan berat badan dengan treadmill bisa dilakukan dengan settingan incline maksimal. Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG