Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

. .

kapan-sebaiknya-waktu-yang-tepat-untuk-berolahraga

Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Jawaban dari pertanyaan tersebut cukup beragam. Ada yang mengatakan sebaiknya olahraga di pagi hari, karena udara masih segar, tenaga masih kuat. Ada juga yang mengatakan sore hari, karena akan memicu mengeluarkan keringat lebih banyak, dan tentunya juga membakar lebih banyak kalori, yang berujung pada penurunan berat badan. Atau tidak sedikit yang mengatakan olahraga sebaiknya di malam hari, karena setelah olahraga akan membuat tiduk lebih nyenyak.

Kondisi tersebut akan kita jelaskan satu persatu, agar kita bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Tapi sebelumnya kita harus rumuskan terlebih dahulu olahraga jenis apa yang akan kita lakukan? Apakah olahraga untuk mempertahankan kebugaran fisik, menjaga kesehatan jantung, atau untuk program khusus seperti menurunkan berat badan. Pilihan jenis olahraga ini akan menentukan apakah olahraga yang akan kita lakukan termasuk indoor (dalam ruangan) atau outdoor (di luar ruangan).
Jika pilihan olahraga termasuk indoor, maka pilihan waktu kapanpun bisa dilakukan. Apakah pagi, siang, sore, atau malam, terutama untuk program khusus penurunan berat badan yang mengharuskan untuk latihan fitnes. Namun jika olahraga adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, melatih otot jantung, dan seringkali dilakukan di luar ruangan, seperti jogging, bersepeda, maka pilihan waktu yang tepat perlu dicermati agar olahraga tidak menjadi sia-sia.

Sebenarnya, kapan waktu yang baik untuk berolahraga tergantung di mana kita berada. Di kota-kota besar misalnya, seperti di jakarta, olahraga di sore hari, apalagi di malam hari  dan dilakukan di luar ruangan (outdoor), tentunya bukan sesuatu yang direkomendasikan. Hal ini mengingat kondisi udara yang tidak sehat untuk jantung karena polusi udara yang terkumpul sejak dari pagi hari.

Pagi hari tentunya waktu yang bagus untuk berolahra seperti jogging, dikarenakan kondisi udara masih segar, bersih dan suhu udara belum terlalu panas. Perlu diketahui, bahwa ukuran pembakaran kalori dalam tubuh tidaklah ditentukan dari banyaknya keringat yang keluar. Karena pada dasarnya keringat yang keluar merupakan suatu indikasi bahwa tubuh berupaya menyesuaikan suhunya dengan mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Keringat yang keluar juga tidak mengindikasikan jumlah pembakaran lemak dalam tubuh. Jika anda berolahraga di siang hari, dan mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh, maka anda akan mengalami dehidrasi jika tidak diimbangi dengan minum.

Selain di pagi hari, dan jika tetap ingin berolahraga di sore atau malam hari, sebaiknya dilakukan di dalam ruangan (indoor), dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Di ruangan ber AC juga cukup bagus karena pembakaran kalori akan lebih efektif dalam jangka waktu yang lama tanpa harus kehilangan banyak cairan tubuh. Jenis olahraga dalam ruangan yang bisa dilakukan diantara dengan menggunakan treadmil, sepeda statis, ataupun senam aerobik.

ekarang, dengan pertimbangan tersebut, olahraga yang mana akan anda pilih. Dengan demikian anda bisa tentukan kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk berolahraga.

gambar : http://bit.ly/1uoB7Oy Belanja
Post a Comment

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

Google+ Badge

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG