Citarasa Susu Kerbau di Semangkuk Amping Dadih

. . No comments:

Citarasa Susu Kerbau di Semangkuk Amping Dadih

Berkunjung ke sumatera barat dalam rangka menghabiskan liburan, selain menyuguhkan objek wisata nan elok, juga menyajikan aneka rasa kuliner yang akan menggoyangkan lidah anda ketika menyantapnya. Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan masakan rendang Yang sudah terkenal sampai ke macanegara dan diakui sebagai makanan terlezat di dunia. Kita juga mengenal masakan gulai ayam atau gulai kepala ikan dengan kuah santan sebagai ciri khas dipadukan dengan rempah-repah tradisional sebagai bumbu. Masakan-masakan tersebut bisa dengan mudah kita jumpai di sebagian besar wilayah indonesia. Bahkan racikan bumbu ala minangkabau juga sudah merambah hingga ke luar negeri seperti malaysia, singapura, vietnam, eropa dan amerika.

Masakan khas Sumatera Barat tidak hanya rendang dan gulai. Ada banyak jenis masakan, baik sebagai makanan utama ataupun makanan pendamping. Ciri khas dan keunikan tersendiri, beberapa diantaranya hanya bisa ditemukan langsung di daerah asalnya.

Semangkuk Amping Dadih dan Segelas Teh Telor Panas

Pernahkah anda membayangkan susu kerbau difermentasi selama dua hari di dalam wadah yang terbuat dari bambu dan ditutup dengan selembar daun pisang?? kemudian susu hasil fermentasi tersebut dicampur dengan emping yang telah direndam dengan air panas, lalu dituangi cairan gula merah, dan ditaburi dengan parutan kelapa??jika anda pernah melihat atau bahkan mencicipi, maka itulah dia Semangkuk Amping Dadih, yoghurt tradisional khas sumatera barat, orang minangkabau menyebutnya ampiang dadiah.

Yang menjadikan makanan ini unik dan khas ialah pada penggunaan susu kerbau sebagai bahan baku dadih. Yoghurt biasanya terbuat dari susu sapi dengan menggunakan bibit yoghurt, lalu difermentasikan selama 24 jam. Yoghurt kebanyakan dikonsumsi berbentuk encer dengan farian rasa sesuai selera. Berbeda halnya dengan proses pembuatan dadih yang berasal dari susu kerbau murni, disimpan dalam buluh bambu, ditutup dengan daun pisang, kemudian didiamkan selama 2 hari pada suhu ruangan. Dadih yang dihasilkan berbentuk gumpalan semi padat seperti tahu putih dengan tekstur lembut dan memiliki aroma serta citarasa khas, kombinasi aroma bambu dan susu.

Citarasa Susu Kerbau di Semangkuk Amping DadihDi zaman dahulu, dadih biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi sebagai pengganti lauk. Namun ada juga yang menjadikannya penganan yang dihidangkan sebagai makanan penutup, atau yang kita kenal dengan nama amping dadih. Sebagai makanan berbahan dasar susu fermentasi, amping dadih memiliki citarasa asam bercampur manis gula merah. Rasa gurih akan terasa pada parutan kelapa yang ditaburi sedikit garam.

Menikmati amping dadih akan lebih terasa nikmat apabila ditemani dengan segelas minuman hangat Teh Telor (teh talua). Seperti halnya amping dadih, teh telor juga merupakan sejenis minuman khas daerah Sumatera Barat. Terbuat dari campuran telor ayam kampung atau telor bebek dan gula yang dikocok sampai mengembang, lalu dituangi dengan air larutan teh pekat yang direbus hingga matang. Sebagai variasi, biasanya ditambahkan susu kental dan sedikit bubuk biji pala atau kayu manis. Hasilnya berupa minuman teh panas dengan toping menyerupai cream berwarna putih kecoklatan, dan menebarkan aroma harum kayu manis. Teh telor boleh dikatakan Moccacinonya orang Minangkabau, apakah anda setuju???

Amping dadih dan Teh Telor, Kaya Gizi dan Khasiat

Amping dadih tidak hanya nikmat di lidah, tetapi juga sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan bakteri asam laktat mampu mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker usus, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan sebagai probiotik bagi perkembangan microorganisme baik. Probiotik itu sendiri mampu menekan pertumbuhan sel tumor, serta meningkatkan sistem imun dalam saluran pencernaan.

Dadih juga banyak mengandung asam amino, baik esensial maupun non esensial, sehingga menjadikannya makanan kaya gizi yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, kandungan protein dan lemak dalam dadih bahkan lebih tinggi daripada yoghurt yang tersedia di pasaran.

Citarasa Susu Kerbau di Semangkuk Amping Dadih
Tidak jauh berbeda dengan amping dadih, teh telorpun tidak kalah memiliki daya khasiat luar biasa bagi tubuh. Menggunakan bahan dasar berupa telor ayam kampung, dengan tambahan sedikit air jahe dan bubuk pala, teh telor mampu meningkatkan suhu tubuh. Biasanya minuman ini dikonsumsi oleh kaum pria di sumatera barat.

Banyak manfaat serta khasiat dari segelas teh telor, diantaranya menghangatkan badan, meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh. Yang paling dikenalnal secara luas ialah bahwa teh telor dapat meningkatkan vitalitas pria dewasa. Itulah sebabnya mengapa setiap pria yang baru saja menikah, sering disuguhi minuman teh telor setiap pagi.

Dilihat dari sisi ilmu kesehatan, mengkonsumsi telor sangat baik sebagai sumber gizi yang baik bagi tubuh. Dalam satu butir telor, terdapat kandungan protein tinggi sebagai sumber energi, yang bermanfaat untuk membentuk jaringan otot, namun tidak menyebabkan penumpukan lemak penyebab kegemukan.

Amping dadih dan Teh telor menyajikan citarasa khas Sumatera Barat dengan kandungan gizi yang kaya akan manfaat. Jika anda berkunjung ke Ranah Minang, jangan lupa mencicipi kuliner tradisional khas Padang yang satu ini.
Belanja

No comments:

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG