Turunkan Berat Badan dengan Bersepeda

.

turunkan-berat-badan-dengan-bersepeda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam upaya menurunkan berat badan. Salah satunya ialah dengan rajin berolahraga. Olahraga diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kerja metabolisme tubuh.

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga jenis cardio yang sangat menyenangkan. Aktivitas bersepeda dapat melatih otot-otot paha bagian depan, betis bagian belakang, paha belakang, dan tubuh, sehingga semuanya jadi lebih kencang. Turunkan berat badan dengan bersepeda bisa menjadi alternatif pilihan untuk anda lakukan. Selain menyenangkan, bersepeda juga dapat melatih dan membentuk otot-otot bagian perut anda terlihat lebih bagus.

Bagi kaum wanita, anda tidak perlu khawatir betis akan berotot seperti pria, dan kaki tidak terlihat seksi lagi. Bersepeda dengan putaran pedal cepat justru akan membuat kaki Anda lebih ramping dan kencang, dan pada saat bersamaan akan membangun daya tahan tubuh Anda itu sendiri. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi aktifitas menyenangkan karena lebih mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar kita, bergaul dengan orang yang memiliki hobi yang sama.

Namun demikian, tentunya kita bersepeda bukan hanya karena menyenangkan. Anda harus memiliki target yang jelas dan mesti dicapai dengan aktifitas bersepeda tersebut. Sebut saja misalnya, dalam lima bulan ke depan, berat badan Anda harus bisa turun hingga sepuluh koligram. Untuk itulah diperlukan adanya suatu program latihan teratur serta kontrol terhadap makanan.

Panduan menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda berikut mungkin bisa bermanfaat untuk anda lakukan:

1. Planning Program

Ingatlah, dalam setiap kegiatan apapun yang anda lakukan, selalu buat planning program yang jelas. Dengan demikian, anda akan lebih mudah mencapai target yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Planning Program tersebut meliputi; jadual latihan tetap, jadual makan teratur, jadual istirahat/tidur yang cukup. Yang terpenting, ikuti planning yang sudah anda tetapkan secara kensisten dan teratur.

2. Pemanasan dan Pendinginan

Pemanansan atau warm up sangat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera pada saat olahraga. Pemanasan bisa dilakukan lima menit sebelum latihan dengan cara peregangan otot kaki, lengan, dan kepala, lalu dilanjutkan dengan berlari-lari kecil. Sedangkan pendinginan bertujuan untuk menstabilkan kembali suhu tubuh dan detak jantung. Lakukan pendinginan sesudah latihan dengan duduk relaks sejenak, lemaskan otot-otot tubuh.

3. Tambahkan Beban

Ini merupakan bagian paling penting dari berlatih sepeda. Jika anda bersepeda di luar ruangan, carilah tempat-tempat yang memiliki banyak tanjakan, karena dengan adanya tanjakan tersebut akan menghasilkan tekanan pada otot kaki. Alternatif lainnya, jika sepeda anda memiliki gear rantai, pilihlah posisi gear paling bawah supaya beban kayuhan kaki anda terasa lebih berat pada saat goes.

Mungkin anda akan bertanya, kenapa harus seperti itu?

Ingat, tujuan anda bersepeda adalah untuk membakar lemak, bukan untuk bersepeda santai. Karena itulah diperlukan massa otot yang lebih besar sebagai media pembakar lemak. Anda juga jangan tertipu dengan keringat yang keluar dari tubuh anda, karena itu bukanlah lemak, melainkan cairan tubuh dalam upaya menjaga suhunya tetap stabil. Artinya, banyak keluar keringat bukan berarti banyaknya lemak yang terbakar. Yang benarnya adalah, lemak pada dasarnya mengendap di dalam otot anda. Dan ketika otot tidak lagi mampu menampung lemak, maka ia akan menyebar keluar jaringan otot. Itulah mengapa untuk membakar lemak, diperlukan massa otot yang cukup. Salah satu caranya ialah dengan menambahkan beban atau tekanan pada saat latihan sepeda.

Dan bagi anda kaum wanita jangan khawatir tubuh anda akan menjadi berotot, karena pada dasarnya struktur otot pada wanita dan pria itu berbeda. Walaupun anda berlatih beban berat, itu tidak akan membuat tubuh anda menjadi berotot layaknya pria.

4. Static Bike

Alternatif lain olahraga sepeda bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang ialah dengan memanfaatkan fasilitas alat fitness berupa sepeda statis. Di tempat gym biasanya menyediakan alat yang satu ini bagi membernya yang ingin berlatih. Atau anda juga bisa memilikinya sendiri di rumah dengan kualitas tentunya standar home use. Dengan demikian, bersepeda tetap bisa anda lakukan di dalam rumah, atau kantor dengan bantuan sepeda statis. Terdapat banyak pilihan dan model sepeda statis yang di jual di toko-toko alat fitness di kota anda.

Sepeda statis atau static bike tidak jauh bedanya dengan sepeda out door. Jika bersepeda di luar rumah, kita bisa sambil jalan-jalan keliling, maka dengan bersepeda statis di rumah kita juga bisa melakukannya sambil menonton TV atau mendengar musik. Sepeda statis juga memiliki settingan beban jika anda ingin merasakan sensasi tanjakan.

Sebagai tambahan, pada umumnya sepeda statis memiliki sebuah monitor kontrol yang bisa selalu anda cek progres latihan anda sendiri. Anda bisa setting waktu, kontrol calori yang terbakar, detak jantung, jarak tempuh dan juga kecepatan anda pada saat bersepeda.

Bila Anda belum memiliki sepeda statis sendiri di rumah, silahkan kunjungi toko online alat olahraga etalasefitnes.com. Beragam pilihan sepeda statis ada di sini.


sepeda-fitnes-magnetik-big-size-f-4224-akarta
 sepeda-statis-new-magnetic-bike

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kontrol Kesehatan

Salah satu tujuan olahraga, selain menurunkan berat badan, ialah untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar sepanjang hari. Oleh karena itulah, jangan sepelekan masalah kesehatan anda. Artinya, tidak memaksakan diri untuk berolahraga pada saat kesehatan anda sedang menurun. Selalu kontrol kondisi kesehatan anda. Jika merasa kurang sehat, segeralah berobat. Lakukan olahraga sepeda hanya sebagai langkah pemulihan pasca sakit.

Terakhir saya ucapkan, Selamat mencoba program penurunan Berat Badan dengan Bersepeda, dan semoga niat anda untuk menurunkan berat badan anda akan tercapai dengan sedikit panduan yang saya berikan. Kritik dan saran, saya tunggu di bawah.

Selain bersepeda, olahraga yang baik untuk turunkan berat badan adalah dengan lati pagi, jogging, atau bisa juga dengan latihan treadmill
sumber gambar : http://topwalls.net
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG