Rahasia Khasiat Madu untuk Kesehatan

.

Rahasia Khasiat Madu untuk Kesehatan

Rahasia Khasiat Madu untuk Kesehatan

Madu merupakan sejenis cairan pekat menyerupai sirup dengan rasa manis alami yang dihasilkan dari kandungan monosakarida fruktosa dan glukosa. Madu terbentuk dari hasil proses perubahan nectar Bunga yang dikonsumsi oleh lebah madu, kemudian dicampur dengan air liur melalui proses pengunyahan berkali2. Lebah pekerja mengunyah nektar dengan menambahkan enzim diastase dan invertase, sehingga nektar tersebut menjadi cairan kental berwarna kuning pucat dengan aroma khas madu.

Dalam dunia kesehatan, madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di zaman dahulu, madu digunakan manusia untuk mengobati berbagai macam penyakit. Antiseptic dan antibakteri di dalam madu, dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan menjaga dari serangan firus sumber penyakit.

Dikutip dari Wikipedia, menurut USDA Nutrient database madu mengandung nilai gizi per 100 g: Gula 82.12 g, Serat 0.2 g, Energi 304 kcal, Karbohidrat 82.4 g, Lemak 0 g, Protein 0.3 g, Asam Pantotenat (Vit. B5) 0.068 mg (1%), Vitamin B60.024 mg (2%), Folat (Vit. B9) 2 mg (1%), Air17.10 g, Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%), Niacin (Vit. B3)0.121 mg (1%), Fosfor 4 mg (1%), Potasium 52 mg (1%), Vitamin C0.5 mg (1%), Kalsium6 mg (1%), Besi 0.42 mg (3%), Magnesium 2 mg (1%), Sodium 4 mg (0%), Zinc 0.22 mg (2%). Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk manusia bila dikonsumsi secara teratur.

Berikut beberapa rahasia khasiat madu bagi kesehatan kita:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dapat membantu meningkatkan kinerja system pencernaan dan syaraf serta melawan radikal bebas yang dapat merusak sel system pertahanan tubuh.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Di dalam madu terdapat kandungan karsinogen yang dapat mencegah pertumbuhan tumor, selain itu juga terdapat flavonoids dan antioksidan yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

3. Menambah dan Mengembalikan Stamina setelah Fitness

Madu sebagai sumber energy dihasilkan dari kandungan gula alami yang dapat membantu tubuh mengontrol gula darah serta penyembuhan otot dan pemulihan stamina setelah bekerja. Mengkonsumsi madu sangat baik untuk mengembalikan energy yang terbuang setelah latihan fitness atau olahraga aerobik lainnya. Madu juga dapat menambah cadangan energy untuk aktifitas selanjutnya.

4. Mencegah Penuaan Dini

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan antioksidan yang terdapat pada madu juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi madu secara rutin, dapat mencegah serangan radikal bebas dan membuat kulit terlihat sehat.

5. Kesehatan Ibu Hamil

Madu berkasiat memperkuat janin dan membantu menjaga stamina serta kesehatan ibu yang sedang mangandung. Madu juga dapat membantu asupan gizi terhadap pertumbuhan janin selama dalam kandungan.

6. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi madu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Madu, biasanya dicampur dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.
Belanja

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG