Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula II

Pasang

Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula II

Memiliki badan sehat, selalu tampil bugar dan fresh, serta bentuk tubuh berotot dan atletis selalu menjadi dambaan setiap orang, terutama kaum muda. Berbagai cara dilakukan untuk bisa tampil menarik di depan publik, salah satunya dengan olahraga fitness.

Latihan beban seringkali menjadi pilihan dasar untuk mendapatkan tubuh ideal. Beberapa manfaat latihan beban diantaranya untuk membentuk otot bagian lengan, dada, punggung, perut, dan kaki, membangun tulang yang kuat dan meningkatkan metabolisme tubuh.
Untuk pemula, pengenalan latihan beban sangat diperlukan untuk menentukan pola latihan dan pemilihan alat yang tepat. Tentunya proses ini perlu pendampingan dari instruktur atau senior yang berpengalaman. Hal ini dilakukan untuk membantu menghindari resiko cidera pada otot.

Namun bagi anda yang tidak ikut dalam program latihan sebuah club fitness misalnya, tidak mempunyai seorang instruktur, anda tidak perlu khawatir, karena beberapa tips dasar latihan fitness untuk pemula berikut ini bisa membantu anda melakukannya sendiri di rumah, dan tentunya dengan alat fitness yang sudah anda miliki sebelumnya.

1. Buat Jadual Latihan

Seperti yang telah disebutkan dalam ulasan sebelumnya, hal pertama yang perlu anda lakukan ialah buat jadual latihan yang teratur dan memungkinkan anda dapat melakukannya secara maksimal. Untuk pemula, pola latihan dengan jadual 3 kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat tubuh anda dapat beradaptasi terhadap alat-alat latihan.

Tetapkan waktu latihan yang Anda lakukan. Jika waktu tersibuk anda adalah dari pagi sampai sore hari, maka lakukanlah latihan setelah itu, dan tentunya anda sudah cukup relaks sebelum latihan dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Setelah itu, tetapkan hari-hari apa saja Anda akan berlatih. Satu hari latihan, satu hari off, atau dua hari latihan kemudian satu harinya lagi istirahat. Atur waktu yang tepat dan lakukan secara rutin.

Selanjutnya tetapkan juga berapa lama latihan yang akan Anda setiap sesi. Biasanya latihan fitness untuk pemula, bisa dilakukan maksimal 30 menit setiap satu kali latihan, kemudian beberapa minggu kemudian bisa ditingkatkan menjadi 45 menit hingga maksimal 60 menit. Lakukan dengan rutin.

2. Memulai Latihan

Sebelum memulai latihan beban, jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu. Lemaskan persendian dengan peregangan otot-otot lengan, siku, bahu, leher, pinggul, dan pergelangan kaki. Perlahan, tingkatkan dengan latihan treadmill untuk melancarkan metabolisme produksi keringat, kemudian lanjutkan dengan sepeda statis untuk melenturkan pergerakan pergelangan kaki.

Setelah itu baru masuk ke latihan beban, home gym. Pada latihan beban, jangan sekali-kali anda langsung dengan menggunakan beban yang berat, karena itu sangat beresiko terhadap cidera otot. Mulailah dengan beban yang ringan, 10 lbs misalnya. Lakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam buku latihan yang disertakan dalam paket alat home gym yang anda miliki. Setiap gerakan maksimal 5 menit untuk pemula.

Ulangi gerakan-gerakan tersebut hingga maksimal 3 set latihan yang diselingi dengan istirahat sejenak untuk melemaskan kembali otot. 1 set latihan sama dengan satu kali melakukan latihan yang terdapat dalam sebuah alat home gym. Banyaknya gerakan tergantung jenis alat yang dimiliki.

Itulah Tips Dasar Latihan Fitness Untuk Pemula II, yang bisa anda manfaatkan dalam berlatih otot. Dengan melakukan tahapan-tahapan di atas secara konsisten, dalam waktu enam ulan sampai satu tahun, bentuk tubuh ideal sesuai dambaan akan bisa anda rasakan.

bersambung...
Post a Comment

Total Pageviews

Wikipedia

Search results

Template images by nickfree. Powered by Blogger.

Test Footer