Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga Fitnes

. . No comments:

mengenal-treadmill-dan-jenisnya-dalam-olahraga-fitnes.html

Mengenal Treadmill dan Jenisnya dalam Olahraga

Salah satu jenis alat olahraga excercise home use yang paling populer dan banyak diminati adalah treadmill, yang menyediakan area latihan aerobik secara efisien. Bagi banyak orang, treadmill adalah pilihan yang baik untuk memulai latihan rutin setiap hari karena olahraga berjalan, ataupun jogging dapat dilakukan dengan baik oleh sebagian besar orang, terlepas dari tingkat kebugaran orang tersebut sedang menurun.

Sebuah treadmill adalah satu perangkat alat olahraga untuk berjalan atau berlari di tempat. Treadmill merupakan sebuah  mesin yang memiliki platform bergerak dengan conveyor belt lebar, dan digerakkan oleh motor listrik. Belt atau sabuk bergerak ke belakang, sedangkan pengguna bergerak mengikuti belt berjalan atau berlari pada kecepatan tertentu. Kecepatan belt bergerak disebut dengan speed. Dengan demikian, kecepatan berjalan atau berlari dapat dikendalikan dan diukur sesuai dengan kebutuhan latihan.

Treadmill secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu jenis treadmill manual dan treadmill elektrik. Treadmill dengan jenis manual sepenuhnya dikendalikan oleh kekuatan otot kaki dalam menggerakkan belt treadmill. Semakin kuat kekuatan kaki melangkah, maka kecepatan putaran belt treadmill akan semakin kencang. Sedangkan treadmill jenis elektrik membutuhkan daya listrik untuk menggerakkan belt atau memutar motor dinamo. Pada treadmill jenis elektrik, kecepatan putaran belt bisa diatur seperlunya atau sesuai dengan kebutuhan latihan. Treadmill jenis ini disebut juga dengan treadmill machine, atau machine treadmill.

Pada jenis treadmill elektrik, yang menjadi perhatian utama adalah dinamo motor yang digunakan. Mesin dinamo ini berfungsi sebagai penggerak belt treadmil agar bisa berputar dan dapat digunakn untuk berlatih. Besaran motor dinamo berbeda pada masing-masing treadmill elektrik. Perbedaan tersebut terletak pada power atau kekuatan dinamo dalam menggerakkan belt pada beban maksimal pengguna. Power dinamo diukur dalam satuan HP (horse power). Semakin besar nilai horse power, maka akan semakin besar pula kekuatan treadmill, dan semakin cepat putaran roda.

Pada umumnya treadmill jenis elektrik berharga lebih mahal daripada treadmill manual, hal ini dikarenakan alat ini memiliki komponen listrik dan dinamo motor yang terdapat di dalamnya. Semakin besar motor yang digunakan, semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan, dan semakin mahal harga yang harus dibayar. Namun semua itu akan sebanding dengan apa yang diperoleh ketika berlatih menggunakan treadmill elektrik dengan kualitas bagus.

Sementara treadmill jenis manual berharga relatif lebih murah, karena tidak adanya komponen elektrik dan machine seperti pada treadmill elektrik. Pada treadmill manual, gerakan belt mengikuti putaran roda menggunakan daya otot kaki untuk mendorong belt bergerak ke belakang. Semakin kuat otot kaki, semakin cepat putaran roda, begitupun sebaliknya. Kecepatan gerakan ditentukan oleh pengguna sendiri.
Jadi, treadmill jenis manakah yang akan anda pilih untuk aktifitas olahraga di rumah sendiri ? Belanja

No comments:

Belanja Alat Fitnes Online

Entri Populer

RSS FEED

ETALASEFITNES | Tempat Jual Alat Gym

VIVA BLOG